Rusia bantah lindungi rezim Suriah

Minggu, 11 Maret 2012 - 11:35 WIB
Rusia bantah lindungi rezim Suriah
Rusia bantah lindungi rezim Suriah
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menegaskan, Rusia tidak melindungi rezim mana pun termasuk rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

"Kami tidak melindungi rezim mana pun, yang Kami lindungi adalah hukum internasional. Kami tidak memiliki kepentingan khusus atau mencari kepentingan atas kondisi geopolitik dalam masalah ini," ujar Sergey Lavrov yang berbicara di hadapan Menteri Luar Negeri Negara-negara Arab di Kairo seperti dikutip Associated Press Minggu, (11/3/2012).

Ditambahkan Menlu Lavrov, kebijakan Rusia itu adalah upaya untuk mempromosikan resolusi damai bagi krisis Suriah yang memungkinkan terbukanya akses bagi relawan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

"Jika Kami setuju dengan resolusi itu, maka nantinya Kita akan terjebak dalam argumen siapa yang harus disalahkan atas pertumpahan darah yang terjadi di Suriah," ujar Menlu Lavrov.

Pernyataan Menlu Rusia itu muncul di tengah kecaman internasional atas sikap Rusia dan China yang telah memveto resolusi Dewan Keamanan PBB terhadap Suriah.

Kedua negara itu dinilai telah membuka jalan bagi rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk mengintensifkan tindakan kekerasan yang telah berlangsung dan menewaskan lebih dari 7.500 orang hampir selama satu tahun belakangan ini.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5008 seconds (0.1#10.140)