Yunani gagalkan penyelundupan barang antik

Minggu, 04 Maret 2012 - 15:55 WIB
Yunani gagalkan penyelundupan barang antik
Yunani gagalkan penyelundupan barang antik
A A A
Sindonews.com - Pihak kepolisian Yunani menangkap 35 orang bersama ribuan koin kuno beserta berbagai artefak kuno yang mereka coba selundupkan. Salah seorang tersangka memiliki 4.000 koin kuno yang rencananya akan diselundupkan.

Pihak kepolisian Yunani melakukan pengerebekan di sejumlah di Yunani utara dan tengah, dengan mengunakan detektor logam, sejumlah artefak kuno ini berhasil ditemukan.

Sejumlah artefak ini merupakan warisan kebudayaan arkeologi barat yang telah lama hilang dan menjadi target perdagangan ilegal. Sebelumnya puluhan artefak telah dicuri dari musium Yunani, dengan mengunakan topeng penutup wajah dua orang pria berhasil mencuri 60 artefak yang berada di musium yang di dedikasikan sebagai barang yang dihasilkan dari Olimpiade di Kota Olimpia kuno.

Sebelumnya mencuri, kedua pencuri tersebut telah melumpuhkan penjaga wanita dalam musium tersebut. Walikota setempat mengatakan, dari sejumlah barang yang dicuri terdapat dua buah barang yang tidak ternilai harganya, patung tanah yang di buat dari tanah liat dan perunggu.

Sampai saat ini, pihak kepolisian Yunani belum mengeluarkan rincian apa jenis artefak yang berhasil mereka temukan. Seperti dikutip dalam BBC.co.uk
Perekonomian Yunani dalam beberapa tahun terakhir mengalami masa-masa sulit, Pertumbuhan perekonomian minus dan jumlah penganguran di negara ini juga tinggi, hal ini secara tidak langsung memicu pertumbuhan angka kriminalitas di Yunani.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4909 seconds (0.1#10.140)