Inggris buat kesepakatan dengan Asia Tengah

Jum'at, 02 Maret 2012 - 16:13 WIB
Inggris buat kesepakatan dengan Asia Tengah
Inggris buat kesepakatan dengan Asia Tengah
A A A
Sindonews.com - Kementrian pertahanan Kyrgystan mengabarkan bahwa pemerintah Inggris sedang berusaha membuat perjanjian dengan sejumlah negara di Asia Tengah.

Perjanjian ini dilakukan untuk melakukan pendaratan untuk pengangkutan pasukan militer dari Afganistan, pada 2014 mendatang.

Hari ini, Menteri Angkatan Bersenjata Inggris, Nick Harvey tengah melakukan kunjungan ke Kyrgystan, untuk membahas sejumlah perjanjian dengan sejumlah pejabat tinggi di sana.

"Tujuan Inggris di Asia Tengah dalam rangka membahas berbagai kemungkinan perluasan rute utara untuk pengiriman peralatan militer dari dan ke Afganistan, terutama melalui Kazakhstan, Kyrgyzstan dan Tajikistan," ungkap Kementrian Pertahanan Kyrgystan seperti dikutip dalam Ria novosti, Jumat, (2/3/2012).

Upaya ini dilakukan setelah pemerintah Pakistan memblokir rute transit utama untuk memasok militer Inggris ke Afghanistan, setelah Amerika Serikat gagal melakukan operasi pembebasan, akibatnya 24 tentara Afganistan tewas perbatasan pada November tahun lalu.

Sebalumnya Menteri Pertahanan Inggris, Philip Hammond telah mendatangani sebuah perjanjian dengan Kazakhstan terkait dengan pengangkutan dan penurunan pasukan militer di Kazakhstan, saat ini perjanjian ditingkatkan untuk mengankut dan memasok sejumlah senjata ke Afganistan.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6185 seconds (0.1#10.140)