Pabrik kimia di China meledak

Selasa, 28 Februari 2012 - 20:03 WIB
Pabrik kimia di China meledak
Pabrik kimia di China meledak
A A A
Sindonews.com - Sebuah pabrik bahan kimia di China meledak, 13 orang dilaporkan tewas, sementara 43 orang lainnya mengalami luka-luka.

Ledakan ini terjadi pada pukul 09.20 waktu setempat, di pabrik kimia Kaer di negara bagian Zhaoxian. Saksi mata mengatakan, ledakan ini sangat besar sehingga menyebabkan sejumlah kaca-kaca rumah yang terletak di radius dua kilometer dari pabrik meledak, pecah.

Polisi setempat mengatakan, sejumlah korban luka serius mungkin disebabkan oleh ledakan bahan kimia yang berasal dari dalam pabrik.

"Akibat ledakan besar ini tiga desa yang berada di sekitar lokasi ledakan pabrik merasakan guncangan seperti gempa," ungkap Kepala Keamanan Kota Shijiazhuang, Cheng Weiqing seperti dikutip dalam BBC.co.uk, Selasa (28/2/2012).

Administrasi Keselamatan Kerja Negara China mengatakan, bahwa pabrik kimia ini memproduksi sejumlah bahan kimia untuk pertanian, dan berbagai bahan kimia seperti amonium sulfat, nitrat dan nitro guanidin. Sementara itu penyebab terjadinya ledakan belum bisa diketahui.

Guanidin nitrat merupakan bahan kimia yang digunakan sebagai bahan bakar yang memiliki energi yang besar dan mampu melontarkan roket ke ruang angkasa, jika terhirup sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6287 seconds (0.1#10.140)