Ikut pemilihan partai, Menlu Australia mundur

Jum'at, 24 Februari 2012 - 13:59 WIB
Ikut pemilihan partai,...
Ikut pemilihan partai, Menlu Australia mundur
A A A
Sindonews.com - Mundurnya Kevin Rudd dari Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia dikarenakan dirinya ingin mengikuti pertarungan calon pemimpin dari Partai Buruh, Senin mendatang.

Namun ditegskan pengunduran dirinya ini secara resmi akan disampaikan hari ini di Brisbane. Pada kesempatan itu dia juga menyinggung mengenai popularitas Perdana Menteri (PM) Australia mulai menurun.

"Benar atau salah, Julia telah kehilangan kepercayaan dari warga Australia, dan mulai hari Senin depan saya ingin mengembalikan kepercayaan rakyat yang hilang," ungkap Rudd seperti dikutip dalam ABCnews, Jumat (24/2/2012).

Turunnya kepercayaan warga Australia terhadap kepemimpinan Perdana Menteri Australia inilah yang menjadi alasan kuat bagi Rudd untuk mengikuti pemilihan calon pemimpin Partai Buruh. dari pencalonan tersebut, rencananya, Rudd akan mengikuti pemilihan PM Australia

"Saya memiliki keinginan yang kuat untuk menyelesaikan pekerjaan saya sebagai warga Australia setelah saya terpilih menjadi PM," katanya.

Rudd mengatakan, dalam pemilihan calon pemimpin mendatang samua anggota pendukung partai buruh bebas memilih tanpa ada intimidasi dan ancaman dalam dari pihak manapun.

Sementara itu, PM Julia Gillard mengatakan bahwa pemilihan calon pemimpin partai bukan sebuah episode "Big Brother".

Menanggapi pernyataan Rudd, Sejumlah menteri pendukung pemerintahan Gillard mengatakan bahwa mereka akan mengundurkan diri jika Rudd kembali menjadi pemimpin Partai Buruh.

Rudd mengatakan bahwa dirinya tidak dapat melanjutkan tugasnya tanpa dukungan Perdana Menteri (PM) Julia Gillard. Rudd menyampaikan pernyataan pengunduran dirinya pada Selasa malam di Washington.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7662 seconds (0.1#10.140)