Berlian pink terbesar ditemukan di Australia

Rabu, 22 Februari 2012 - 15:20 WIB
Berlian pink terbesar ditemukan di Australia
Berlian pink terbesar ditemukan di Australia
A A A
Sindonews.com - Sebuah perusahaan pertambangan Australia telah menemukan berlian merah muda atau pink seberat 12,76 karat. Ini merupakan berlian terbesar yang pernah ditemukan di Australia.

Berlian ini merupakan berlian jenis langka di Australia. Ditemukan di sebuah lokasi tambang di Rio Tinto, lokasi tambang yang terletak di bagian timur wilayah Kimberly.

Berlian pink ini diberi nama Argyle Pink Jubilee, harganya diperkirakan akan mencapai jutaan dolar.

Berlian ini akan dijual pada akhir tahun ini, namun sebelumnya akan dipamerkan ke seluruh dunia, seperti Hongkong dan New York.

Manajer Pengelolaan tambang Argyle, Josephine Johnson mengatakan, untuk mendapatkan tampilan yang indah, proses pemolesan dan pemotongan akan memakan waktu lama selama 10 hari, di Perth Australia.

"orang yang dapat memakai berlian ini pastilah orang yang sangat beruntung," ujar Josephine seperti dikutip BBC.co.uk, Rabu (21/2/2012).

Pertambangan Argyle memproduksi lebih dari 90 persen berlian merah muda ke seluruh dunia, biasanya berlian yang berukuran besar akan dibawa ke museum atau berakhir di sebuah rumah pelelangan besar seperti Christie.

Josephine mengatakan, ini adalah sebuah penemuan besar, butuh waktu 26 tahun menemukan sebuah berlian dengan ukuran sebesar ini, dirinya yakin, tidak akan pernah mendapatkan keberuntungan yang sama.

Sejauh ini, berdasarkan catatan rumah lelang Christie, baru 18 berlian pink yang telah dipoles dalam 244 tahun sejarahnya. Berlian terakhir dilepas dengan harga USD46 juta pada 2010.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6737 seconds (0.1#10.140)