Suku Uighur tolak kedatangan Wapres Cina

Selasa, 21 Februari 2012 - 17:29 WIB
Suku Uighur tolak kedatangan Wapres Cina
Suku Uighur tolak kedatangan Wapres Cina
A A A
Sindonews.com - Suku Uighur di Turki menggelar aksi protes atas kunjungan kenegaraan Wakil Presiden (Wapres) Cina Xi Jinping ke Turki.

Puluhan etnis Uighur mengelar aksi protes dengan menginjak-injak posternya, meludahinya dan melempari poster Xi Jinping dengan telur.

Xi, merupakan kandidat kuat calon Presiden Cina. Kunjungan kenegaraan Xi Jinping ini untuk mengadakan pertemuan dengan Presiden Turki, Perdana Menteri, Ketua Parlemen dan para pemimpin Turki. China dan Turki akan membahas hubungan kedua negara dan masalah-masalah internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama.

Saat tiba Bandara internasional Turki, Xi Jinping sempat menyampaikan pidato singkat tentang maksud dan tujuan kedatangannya ke Turki dalam rangka memperdalam pengertian dan persahabatan antara rakyat kedua negara, mendorong kerja sama bilateral.

"Tiongkok dan Turki sebagai negara berkembang yang memiliki pengaruh penting di dunia mempunyai kepentingan bersama dalam pemeliharaan perdamaian dunia. Peningkatan pertumbuhan bersama dan menghadapi tantangan global. Tiongkok ingin meningkatkan kerja sama dengan Turki untuk mendorong perkembangan kemitraan strategis kedua negara," ujar Xi Jinping seperti dikutip Assosiated press, Selasa (21/2/2012)

Sekira 100 orang yang tergabung dalam etnis Uighur membakar bendera Cina, mereka memprotes pemerintah Cina yang bertindak keras terhadap klompok minoritas Uighur di Cina.

Etnis Uighur, kelompok etnis berbahasa Turki yang umumnya beragama Islam dituduh terlibat dalam terorisme Islamis dan dipulangkan paksa ke negara asalnya Agustus lalu oleh pemerintah Tiongkok.

Dalam pertemuan kenegaraan kali ini, keduanya juga akan melakukan pembahasan atas aksi kekerasan yang terjadi di Turki Selatan, dimana 10.000 orang pengungi dari Suriah telah mengungsi ke Turki akibat situasi aksi pemberontakan yang telah berjalan selama satu tahun.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5125 seconds (0.1#10.140)