Iran luncurkan satelit observasi

Jum'at, 03 Februari 2012 - 15:51 WIB
Iran luncurkan satelit observasi
Iran luncurkan satelit observasi
A A A
Sindonews.com - Di bawah tekanan embargo minyak akibat dituduh mengembangkan senjata nuklir, Iran meluncurkan satelit untuk kepentingan observasi Iran.

Dalam siaran pers Televisi Iran, peluncuran satelit ini di bawah keputusan presiden Iran, Mahmud Ahmadinejad. Rencanaya akan digunakan untuk kepentingan observasi.

Satelit yang diberinama Navid (Herald) ini berbobot 50 kilogram. Satelit ini dirancang untuk mengambil gambar dari Bumi dari ketinggian terendah 250 sampai 370 kilometer.

"Ini merupakan satelit pertama yang dirancang oleh para ahli dari Iran" Seperti diungkap dalam Ria novosti Jumat (3/2/2012).

Kepala Universitas, Mohammadsaeid Jabalameli mengatakan bahwa satelit itu sepenuhnya dirancang dan dibangun oleh para ahli Iran di Universitas Sains dan Teknologi di Teheran.

Kepala Badan Antariksa Iran, Hamid Fazeli, sebelumnya mengumumkan rencana untuk mendirikan sebuah basis nasional peluncuran satelit di Iran.
Iran merupakan negara anggota PBB Komite Penggunaan Damai pesawat luar angkasa. Iran telah meluncurkan satelit pertamanya, Omid (Hope), pada tahun 2009.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5179 seconds (0.1#10.140)