Bahan radioaktif milik Mesir dicuri

Kamis, 19 Januari 2012 - 14:23 WIB
Bahan radioaktif milik...
Bahan radioaktif milik Mesir dicuri
A A A
Sindonews.com - Bahan radioaktif dilaporkan telah dicuri dari sebuah Stasiun Tenaga Nuklir Dabaa yang terletak di Pantai Mediterania, Mesir.

Seperti dilaporkan dalam surat kabar Al-Ahram Mesir, saat ditemukan bahan radio aktif ini sudah dalam keadaan rusak dan isinya telah diambil pencuri. Walaupun bahan radioaktif ini aman, namun bahan kimia ini merupakan material yang digunakan untuk kebutuhan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Pemerintah telah memberitahukan kejadian ini kepada pihak berwenang dan meminta sebuah tim khusus menyelidiki untuk membantu mengungkap pencurian tersebut.
Pencurian ini terjadi saat ratusan warga berunjuk rasa di depan Stasiun Tenaga Nuklir Dabaa, yang terletak di Pantai Mediterania, Mesir.

Minggu lalu, sekira 500 warga Mesir demo menuntut penghentian proyek relokasi Dabaa yang masih dalam pembangunan. Lebih dari selusin orang dilaporkan terluka saat polisi mencoba membubarkan ratusan demonstran. Beberapa demostran mengatakan mereka telah kehilangan tanah mereka.

Menurut saksi mata dan sumber keamanan setempat, tentara dan para demonstran bentrok, kedua belah pihak saling melemparkan batu.

“Para pengunjuk rasa juga berusaha menghancurkan tembok yang mengelilingi stasiun pembangunan tenaga nuklir Dabaa,” ungkap saksi mata tersebut seperti dikutip Reuters, Kamis (19/1/2012).(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0500 seconds (0.1#10.140)