Anwar Ibrahim mulai kampanye ke delapan negara

Selasa, 03 Januari 2012 - 17:34 WIB
Anwar Ibrahim mulai kampanye ke delapan negara
Anwar Ibrahim mulai kampanye ke delapan negara
A A A
Sindonews.com - Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim (64), hari ini memulai kampanye ke delapan negara. Kampanye akan dilakukan selama enam hari, dari selatan kota Johor dan berakhir di gedung pengadilan, sebelum putusan sidang pada 9 Januari 2011. Anwar digugat 20 tahun panjara karena melakukan sodomi.

Anwar memulai kampanye dari kantor pusat PKR di Johor, kemudian menuju ke Negeri Sembilan pada hari ini. Besok, dia akan menuju Malaka, lalu ke Kelantan, negara bagian di mana kubu oposisi berkuasa. Jumatnya, kampanye akan dilanjutkan di Selangor, mengelilingi Ibu Kota Kuala Lumpur, diikuti Kota Penang, Pahang, dan Trengganung esoknya.

Pada hari terakhir kampanye Anwar, semua orang akan berkumpul di depan Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur, saat vonis dijatuhkan. Diperkirakan, ribuan orang akan datang dalam acara yang diselenggarakan pada malam hari, di mana Anwar akan menyampaikan pidatonya.

"Tur kali ini tidak hanya menyatakan bahwa saya tidak bersalah, tapi juga untuk meyakinkan orang-orang bahwa ini waktunya untuk tidak memilih pemerintahan Perdana Mentri Najib Razak untuk bergerak ke arah demokrasi dan keterbukaan," ujar Anwar seperti dikutip AFP, Selasa (3/1/2012).

Anwar berharap, perjuangan kaum oposisi untuk mewujudkan negara Malaysia yang demokratis tidak terhenti, meski dirinya dinyatakan bersalah oleh pengadilan dan di penjara. Dia juga mengimbau seluruh rakyat bersama Partai Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia bersama melakukan perubahan.

Pemimpin PKR Shamsul Iskandar mengatakan, kampanye Anwar sangat penting untuk menggalang dukungan rakyat. Dia berharap, sebanyak 20 ribu orang akan berkumpul di gedung pengadilan saat vonis dibacakan. "Kami berharap setelah mendengar pidato Anwar, masyarakat datang ke pengadilan," terangnya.

Seperti diketahui, dalam pemilu sebelumnya PKR berhasil mendapatkan sepertiga kursi di parlemen. Hal ini sangat mengejutkan Barisan Nasional yang telah memerintah selama setengah abad. Anwar terkenal karena kefasihan dan karismanya di kota dan di desa sebagai seorang yang cerdas secara kaustik berapi-api di depan kerumunan masa.

Malaysia adalah negara federasi yang terdiri dari 13 negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi. Jumlah penduduk negara ini melebihi 27 juta jiwa. Negara ini dipisahkan ke dalam dua kawasan Malaysia Barat dan Malaysia Timur oleh Kepulauan Natuna, wilayah Indonesia di Laut Cina Selatan. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4729 seconds (0.1#10.140)