Ukraina Terus Berupaya Padamkan Kebarakan Hutan di Chernobyl

loading...
Ukraina Terus Berupaya Padamkan Kebarakan Hutan di Chernobyl
Ukraina Terus Berupaya Padamkan Kebarakan Hutan di Chernobyl
A+ A-
KIEV - Layanan Darurat Negara Ukraina mengatakan, petugas kebakaran terus berupaya untuk memadamkan kebakaran hutan di sekitar Chernobyl. Kebakaran itu terjadi di sekitar zona esklusif Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl.

"Hari ini tidak ada nyala api terbuka di wilayah hutan Kotovsky di zona eksklusi dan pemukiman antara desa Polesskoye, desa Tarasy, dan desa Vladimirovka, tetapi api yang membara masih terlihat di beberapa daerah," kata Layanan Darurat Negara Ukraina.

Lebih dari 250 orang dan hampir 70 unit peralatan dikerahkan untuk memadamkan api. Selama 24 jam terakhir, pesawat pemadam kebakaran telah melakukan 81 penerbangan untuk memadamkan api.

Situasi radiasi di Kiev dan Wilayah Kiev, Layanan Darurat Negara Ukraina saat ini stabil. Layanan itu mengatakan, laju paparan ionisasi pada permukaan bumi dan volume radionuklida dalam air tidak melebihi standar yang diizinkan.

Sementaa itu, Polisi Wilayah Kiev mengatakan, mereka menahan seseorang dari distrik Polessky yang diduga sebagai penyebab kebakaran. Menurut para penyelidik, kebakaran terjadi karena lelaki itu membakar sampah dan membiarkan api itu tidak dijaga.



Seperti diketahui, Chernobyl terkenal setelah adanya bencana di reaktor keempat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir terjadi 26 April 1986, yang mencemari lebih dari 200 ribu kilometer persegi wilayah, pertama dan terutama, di Ukraina, Belarus, dan Rusia.

Sekitar 115 ribu orang dievakuasi dari zona yang terkena dampak 30 kilometer. Operasi pembersihan berikutnya melibatkan lebih dari 600 ribu orang, sekitar sepuluh persen di antaranya meninggal dan 165 ribu orang berakhir dengan cacat.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top