Chen Wei, Ujung Tombak China Dalam Perangi Virus Corona

Senin, 09 Maret 2020 - 06:00 WIB
Chen Wei, Ujung Tombak...
Chen Wei, Ujung Tombak China Dalam Perangi Virus Corona
A A A
BEIJING - Chen Wei, wanita berusia 54 tahun ini bisa disebut sebagai ujung tombak China dalam perang melawan virus Corona baru, Covid-19. Dia adalah ahli biokimia paling terkenal di China dan memimpin upaya di kota Wuhan untuk memahami virus yang sebelumnya tidak diketahui tersebut.

Menurut orang dalam militer China, seperti dilansir South China Morning Post, Chen memimpin upaya melawan Covid-19 dari Institut Virologi Wuhan, sebuah laboratorium dengan klasifikasi keamanan hayati tertinggi. Dia tiba di Wuhan pada pertengahan Januari dengan tim ilmuwan militer terkemuka.

Pada hari-hari awal krisis, Chen dan timnya bekerja dari laboratorium darurat, di mana mereka mencari pengobatan untuk pasien dan memimpin dalam mengembangkan terapi plasma yang sejak itu diterima sebagai salah satu metode pengobatan yang diakui secara resmi.

Chen mengatakan, bahwa sejumlah pekerja medis di Wuhan juga menggunakan semprotan hidung yang dikembangkan oleh timnya selama wabah Sars yang membantu mencegah mereka tertular virus corona. Dia mengatakan, semprotan telah menunjukkan hasil yang relatif baik pada penahanan virus dan efek dalam peningkatan kekebalan, tetapi tidak dapat diproduksi secara massal karena kesulitan teknis.

Dua sumber militer mengatakan, bahwa biaya tinggi dan efek samping adalah alasan utama mengapa semprotan itu tidak banyak digunakan untuk membantu mencegah infeksi di antara tim medis. “Ini formula yang mahal. Cara yang paling efektif dan pragmatis adalah mengembangkan vaksin, yang dapat digunakan untuk semua orang,” kata salah satu sumber.

Chen secara luas dikreditkan atas kontribusinya dalam wabah Sars, tetapi dia juga telah diakui karena perannya dalam upaya bantuan untuk gempa bumi Sichuan 2008 dan wabah Ebola 2014 hingga 2016 di Afrika Barat.

Orang dalam militer di Beijing mengatakan, Chen menonjol sebagai "tangan virus lama" yang paling mampu untuk memimpin perjuangan China melawan virus corona, mengingat pengalamannya yang luas dalam epidemi masa lalu.

“Dibandingkan dengan ahli epidemiologi terkemuka lainnya, seperti Zhong Nanshan, yang berusia 84, dan Li Lanjuan, 72, Chen jauh lebih muda. Dia juga seorang koordinator yang cakap yang dapat menangani hubungan antara personel medis militer yang telah dikirim ke Wuhan (untuk membantu memerangi epidemi) dan tim medis setempat,” kata orang dalam itu.

Chen menuturkan, pencegahan dan pengendalian suatu epidemi tidak pernah bisa menunggu sampai penyakit itu terjadi. Apa yang dibutuhkan saat ini, jelasnya, adalah membangun sistem yang melibatkan para peneliti, sehingga mereka dapat menghabiskan hidup mereka mempelajari dan meneliti jenis virus dan kuman tertentu terlepas dari apakah virus Corona ini hilang atau tidak.

"Ini berarti bahwa setiap kali terjadi epidemi, kita akan memiliki tim terbaik dan paling berwibawa yang tersedia dan tidak akan seperti apa yang terjadi sekarang ketika virus Corona datang, dan tidak ada yang berbuat banyak," ucapnya.

Lahir di kota kecil Lanxi di provinsi Zhejiang timur, Chen lulus dengan gelar kimia dari Universitas Zhejiang pada tahun 1988 dan diterima di Universitas Tsinghua tahun berikutnya untuk studi pascasarjana. Pada tahun 1989, ia bertemu calon suaminya, Ma Yiming, yang saat itu adalah seorang teknisi di kilang anggur di Qingdao.

Tiga tahun kemudian, ia bergabung dengan Tentara Pembebasan Rakyat dan menjadi ahli virologi di Akademi Ilmu Kedokteran Militer. Untuk mendukung karir dan penelitian Chen, sang suami mengambil alih tugas rumah tangga mereka.

"Saya tidak ingin dia melakukan pekerjaan rumah, itu akan membuang-buang bakatnya. Dia seharusnya melakukan sesuatu yang lebih bermakna," ujarnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3504 seconds (0.1#10.140)