China: Informasi Wabah Virus Corona di Xinjiang Jadi Rahasia Negara

Sabtu, 08 Februari 2020 - 12:32 WIB
China: Informasi Wabah Virus Corona di Xinjiang Jadi Rahasia Negara
China: Informasi Wabah Virus Corona di Xinjiang Jadi Rahasia Negara
A A A
URUMQI - Informasi tentang wabah virus Corona baru, 2019-nCoV, dan bagaimana penyebarannya di barat laut Xinjiang Uyghur Autonomous Region (XUAR) atau Daerah Otonomi Xinjiang Uighur, China, adalah rahasia negara. Demikian disampaikan seorang pejabat pemerintah China di Ibu Kota Xijjiang, Urumqi.

Lantaran jadi rahasia negara, kata pejabat tersebut, informasi itu tidak dapat dibagikan kepada publik.

Pada 23 Januari, media pemerintah China mengutip otoritas kesehatan setempat di XUAR yang mengatakan bahwa seorang pria berusia 47 tahun yang diidentifikasi dengan nama marga Li dan seorang pria berusia 52 tahun yang diidentifikasi dengan nama pendek Gu telah dikonfirmasi terinfeksi 2019-nCoV. Keduanya pernah ke Wuhan, Provinsi Hubei, yang jadi pusat wabah virus tersebut.

Pada hari Minggu, setidaknya 24 orang telah dikonfirmasi terinfeksi di XUAR, sementara 1.254 orang telah ditempatkan di bawah pengawasan medis. Menurut media pemerintah China, dari jumlah itu, enam orang dalam kondisi serius dan dua dalam kondisi kritis.

Sebuah laporan oleh situs web Tianshan.net mengatakan bahwa China Southern Airlines telah mengirim 400.000 masker dan 40.000 sarung tangan ke Urumqi dan kota Karamay. Pihak berwenang juga mengirim sekitar 1.000 alat uji virus Corona baru ke XUAR, yang mencerminkan potensi keparahan wabah di wilayah tersebut.

Pejabat lokal tetap bungkam tentang bagaimana 2019-nCoV telah menyebar di wilayah ini, di mana pihak berwenang telah menahan sebanyak 1,8 juta warga Uighur dan minoritas Muslim lainnya yang dituduh menyembunyikan "pandangan agama yang kuat" dan "secara politis salah gagasan" dalam kamp-kamp di Xinjiang sejak April 2017.

Laporan dari RFA’s Uyghur Service dan outlet media lainnya menunjukkan bahwa mereka yang berada di kamp-kamp menjadi sasaran indoktrinasi politik. Mereka, lanjut laporan itu, secara rutin menghadapi perlakuan kasar di tangan pengawas dan menjalani diet yang buruk serta kondisi yang tidak higienis di fasilitas yang sering penuh sesak, yang para ahli memperingatkan baru-baru ini dapat menyebabkan epidemi virus Corona.

RFA baru-baru ini berbicara dengan karyawan dari banyak biro kesehatan dan kantor terkait lainnya di XUAR untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana virus Corona baru telah menyebar. Namun, semua menolak berkomentar, di mana satu pejabat mengatakan bahwa hal itu dapat melanggar undang-undang China tentang pengungkapan masalah keamanan nasional.

Ketika ditanya berapa banyak orang yang telah terinfeksi, seorang karyawan di 120 pusat panggilan darurat di kursi prefektur Kashgar (Kashi) mengatakan mereka tidak tahu dan merujuk pertanyaan itu ke biro kesehatan kota. Sedangkan seorang staf layanan darurat di Changji Hui (Changji Huizu) kota Sanji (Changji) prefektur otonom mengatakan; "Saya tidak bisa menjawab itu...(karena) saya tidak tahu siapa Anda."

Seorang pegawai pemerintah di Urumqi, ketika ditanya tentang jumlah orang yang terinfeksi virus Corona baru, mengatakan kepada RFA; "Saya tidak dapat berbicara dengan Anda di telepon tentang rahasia negara seperti ini."

Seorang pegawai biro kesehatan di daerah Akto (Aketao), di Kizilsu Kirghiz (Kezileisu Keerkezi) Prefektur Otonomi, tidak memberikan jumlah kasus. Namun, dia mengatakan bahwa anggota staf telah dibagi menjadi tujuh kelompok untuk melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan keselamatan publik.

“Kami bekerja dengan Biro Keamanan Publik (PSB) untuk mengarantina dan mendisinfeksi orang yang datang ke daerag," kata karyawan itu yang berbicara dalam kondisi anonim.

“Setiap hari kami juga mendisinfeksi di lingkungan. Kami melakukan ini di tempat di mana banyak orang pergi," ujarnya, yang dilansir Sabtu (8/2/2020).

Menginformasikan kepada Publik


Memet Imin, seorang peneliti medis Uighur yang berbasis di Amerika Serikat (AS), mengatakan kepada RFA bahwa kurangnya informasi tentang 2019-nCoV di XUAR mencerminkan budaya di mana para pejabat lokal terlalu takut untuk berbicara tentang isu-isu sensitif yang dapat mengakibatkan mereka menjadi sasaran oleh pemerintah pusat China.

“Dalam keadaan normal, untuk tujuan melindungi privasi, dilarang untuk mengungkapkan informasi pribadi yang terkait dengan suatu penyakit, tetapi memberi tahu kepada publik tentang hal-hal seperti berapa banyak orang yang mengidap penyakit tertentu dan apa gejala penyakit itu—terutama dalam upaya untuk mengendalikan situasi serius seperti ini—sangat penting," kata Imin.

"Semakin banyak kontrol (pemerintah) meningkat, semakin lambat informasi menyebar, dan semakin lambat informasinya keluar, semakin banyak orang akhirnya mencari berita dari sumber lain," ujarnya.

“Mengenai virus ini yang menyebar dari Wuhan, yang membuat orang-orang di dalam dan luar China paling marah tentang hal itu adalah mereka tidak mendengarnya (dari pemerintah) pada waktunya dan bahwa (pemerintah) tidak mengizinkan dokter dan tenaga medis untuk benar-benar melakukan pekerjaan mereka, tetapi sebaliknya membiarkan birokrasi dan orang-orang politik terlibat dalam mengendalikan informasi—orang-orang di luar bidang spesialisasi ini," paparnya.

Imin mengatakan bahwa pendekatan semacam itu telah memungkinkan virus untuk mendapatkan pijakan yang kokoh di Wuhan, yang menyebabkan pemerintah menutup semua transportasi masuk dan keluar dari kota berpenduduk 11 juta orang bulan lalu.

Meskipun ada tindakan keras, China telah melihat jumlah kasus virus Corona baru untuk skala nasional terus meningkat setiap hari. Secara global, virus ini hingga Sabtu (8/2/2020), telah membunuh 724 orang dan menginfeksi 34.878 orang. Sebagian besar kematian dan kasus terjadi di China.

“Di China, (pemerintah) mempertimbangkan banyak hal yang berkaitan dengan 'rahasia negara'," kata Imin.

“Akibatnya, ada masalah yang sangat serius di bidang berbagi informasi. Jika penyakit seperti ini menyebar ke seluruh negeri, jika (Presiden) Xi Jinping tidak memberikan lampu hijau, maka situasi seperti ini muncul ketika orang tidak akan membicarakan hal-hal kepada pers asing," ujarnya.

Imin mengatakan bahwa pejabat lokal takut dipilih untuk masalah yang memengaruhi XUAR, yang merupakan wilayah yang sangat sensitif bagi pemerintah pusat China. "Jika mereka membuat kesalahan terkecil, mereka mungkin kehilangan semua kekuatan mereka, dan mereka bisa berakhir di penjara," katanya.

"Jadi, karena ini, karena orang tidak ingin melakukan kesalahan, lingkungan yang tidak bekerja mulai terbentuk," paparnya.

Imin menunjuk laporan, termasuk oleh RFA, bahwa di samping faktor kondisi higienis yang buruk di kamp, ​​penyebaran 2019-nCoV di fasilitas itu mungkin karena sistem kekebalan tahanan sering melemah karena diet buruk dan bahkan karena penyiksaan.

"Tentu saja (pemerintah China) tahu tentang ini, jadi mungkin sebagai cara untuk menghindari masalah ini membuat gelombang internasional, tidak dapat dihindari bahwa mereka akan berusaha keras untuk mengendalikan informasi tentang penyebaran penyakit di wilayah kami," katanya.

"Mereka tidak menginginkan alasan lain untuk (masalah Xinjiang dan Uighur) menjadi topik diskusi yang besar," imbuh dia.

Tahanan Berisiko


Sophie Richardson, direktur Human Rights Watch China, mengatakan kepada RFA bahwa sementara pemerintah China telah melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam beberapa minggu terakhir untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan masyarakat mengenai epidemi virus Corona baru. "Dan cara merawat diri mereka sendiri, pada saat yang sama mereka juga mencatat informasi yang berguna bagi orang-orang karena kritis terhadap pemerintah," ujarnya.

"Kami khususnya prihatin dengan orang-orang yang ditahan atau dilecehkan karena melakukan apa yang oleh pihak berwenang disebut sebagai 'menyebarkan desas-desus'," katanya.

"Ada banyak pertanyaan tentang apa yang terjadi sehubungan dengan virus Corona dan orang-orang yang berada dalam tahanan atau yang pergerakannya terbatas, sehingga kondisi tersebut tentu berlaku untuk Uighur," kata Richardson.

Penulis dan komentator AS, Gordon G. Chang, mengatakan kepada RFA bahwa respons pemerintah China terhadap wabah virus Corona tidak banyak berubah dari bagaimana ia bertindak selama Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS), yang berasal dari China selatan pada 2002 dan berlanjut untuk menginfeksi lebih dari 8.000 orang dan menewaskan hampir 800 orang di 17 negara.

"Jika ada perbedaan, itu hanya karena media sosial memainkan peran yang jauh lebih penting dalam membentuk percakapan nasional China," katanya.

"Tetapi jika bukan karena media sosial, tanggapan Beijing akan sama persis—kerahasiaan sampai mereka tidak bisa lagi menutupinya," ujar Chang.

Chang mencatat Beijing baru-baru ini menggembar-gemborkan bahwa pihak berwenang setempat telah membangun rumah sakit baru di Wuhan untuk membantu mengatasi virus dalam 10 hari.

"Karena kebijakan hierarkis Beijing, struktur hierarkis, dan tuntutan absolutnya untuk mengendalikan narasi—penindasannya terhadap berita—inilah yang menyebabkan wabah ini menjadi krisis,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5944 seconds (0.1#10.140)