Serangan Roket Hantam Lokasi Dekat kedubes AS di Baghdad

Senin, 27 Januari 2020 - 04:00 WIB
Serangan Roket Hantam Lokasi Dekat kedubes AS di Baghdad
Serangan Roket Hantam Lokasi Dekat kedubes AS di Baghdad
A A A
BAGHDAD - Satu tembakan roket mendarat di dekat Kedutaan Besar (Kedubes) AS di ibukota Irak, Baghdad, Minggu (26/1). Seperti dikutip dari Channel News Asia, terdengar suara keras yang berasal dari tepi barat sungai Tigris, tempat kedubes AS dan sebagian besar misi diplomatik asing lainnya berada.

Satu sumber keamanan mengatakan, tiga roket Katyusha menghantam dekat kompleks keamanan tinggi. Sementara sumber lain mengatakan, sebanyak lima roket menghantam daerah itu.

Pasukan keamanan Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan, lima roket menghantam Zona Hijau yang memiliki tingkat keamanan tinggi. Dilaporkan tak ada korban akibat serangan roket tersebut.

Serangan roket itu terjadi dua hari setelah ribuan orang berkumpul di Baghdad, sebagai tanggapan atas seruan oleh ulama populis Moqtada Sadr untuk sebuah unjuk rasa menuntut penggusiran pasukan AS dari Irak.

Kehadiran militer Amerika telah menjadi isu penting di Irak sejak serangan udara AS menewaskan jenderal Iran Qasem Soleimani dan seorang komandan penting Irak di luar bandara Baghdad pada 3 Januari silam.

Sekitar 5.200 tentara AS berada di Irak untuk memimpin koalisi global melawan kelompok Negara Islam, tetapi Irak mengatakan serangan terhadap Soleimani melanggar mandat itu.

Serangan hari Minggu adalah yang terbaru dari serangkaian tembakan roket bulan ini yang menargetkan Zona Hijau, tempat parlemen Irak juga berada. Parlemen Irak di awal bulan ini mendesak kepergian pasukan AS dari Irak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3337 seconds (0.1#10.140)