DPR AS Bahas Resolusi untuk Batasi Langkah Trump Deklarasikan Perang

Selasa, 07 Januari 2020 - 01:02 WIB
DPR AS Bahas Resolusi untuk Batasi Langkah Trump Deklarasikan Perang
DPR AS Bahas Resolusi untuk Batasi Langkah Trump Deklarasikan Perang
A A A
WASHINGTON - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) pekan ini dijadwalkan akan membahas resolusi untuk menekan kemampuan Donald Trump mendeklarasikan perang terhadap Iran. Pertemuan ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara pasca pembunuihan Qassem Solemaini oleh AS.

Ketua DPR AS, Nancy Pelosi dalam sebuah surat kepada anggota Kongres AS dari Partai Demokrat menuturkan, resolusi itu dibutuhkan untuk memperketat pengawasan kepada pemerintah, sehubungan dalam kemampuan mereka mendeklarasikan perang terhadap satu negara.

"Resolusi itu menegaskan kembali tanggung jawab pengawasan yang telah lama ditetapkan oleh Kongres dengan mengamanatkan bahwa jika tidak ada tindakan lebih lanjut diambil Korsel, permusuhan militer sehubungan dengan Iran berhenti dalam waktu 30 hari," kata Pelosi dalam suratnya, seperti dilansir Tass pada Selasa (7/1/2020).

Pelosi, secara terpisah kemudian menyesalkan keputusan Trump untuk menghabisi Soleimani. Dia mengatakan, serangan ini hanya membuat warga dan personel militer AS di Timur Tengah semakin tidak aman.

"Administrasi Trump melakukan serangan udara militer yang provokatif dan tidak proporsional yang menargetkan para pejabat tingkat tinggi militer Iran. Tindakan ini membahayakan anggota pasukan, diplomat, dan warga kita lainnya dengan mengambil risiko peningkatan ketegangan serius dengan Iran," ujarnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6925 seconds (0.1#10.140)