Liga Arab pada AS: Anda Bukan Penentu Hukum Internasional

Selasa, 19 November 2019 - 20:47 WIB
Liga Arab pada AS: Anda Bukan Penentu Hukum Internasional
Liga Arab pada AS: Anda Bukan Penentu Hukum Internasional
A A A
KAIRO - Liga Arab melemparkan kecaman keras atas pengumuman yang disampaikan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengenai permukiman Israel di Tepi Barat. Pompeo mengatakan, bahwa AS kini menganggap permukiman di tanah Palestina yang diduduki rezim Zionis itu sesuai hukum internasional.

Pemimpin Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit menyebut bahwa pengumuman yang disampaikan oleh Pompeo adalah perkembangan yang buruk. Dia kemudian menegaskan, bahwa AS bukanlah pihak yang menentukan dan membentuk hukum internasional.

"Mengutuk dalam pernyataan terkuat pernyataan itu, yang dikeluarkan oleh Sekretaris Negara AS [Mike Pompeo], bahwa negaranya tidak lagi memandang permukiman Israel di Tepi Barat bertentangan dengan hukum internasional dan menganggapnya sebagai perkembangan yang sangat negatif," ucapnya.

"Hukum internasional dirumuskan oleh komunitas global dan tidak oleh satu negara," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (19/11/2019).

Kecaman terhadap pernyataan Pompeo sebelumnya juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu. Di mana, Cavusoglu menyebut tidak ada negara, termasuk di dalamnya AS yang berada di atas hukum internasional dan pengumuman yang disampaikan Mike Pompeo tidak sah.

"Tidak ada negara di atas hukum internasional. Pernyataan gaya Faitli tidak akan memiliki keabsahan sehubungan dengan hukum internasional," kata Cavusoglu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5827 seconds (0.1#10.140)