Dresden, Ibu Kota Provinsi Saxony Deklarasikan Darurat Nazi

Senin, 04 November 2019 - 06:42 WIB
Dresden, Ibu Kota Provinsi Saxony Deklarasikan Darurat Nazi
Dresden, Ibu Kota Provinsi Saxony Deklarasikan Darurat Nazi
A A A
BERLIN - Dresden, ibu kota Provinsi Saxony, Jerman, mendeklarasikan “darurat Nazi”. Hal itu menunjukkan kota mengalami permasalahan serius dengan kelompok berhaluan kanan-jauh. Dresden selama ini dipandang sebagai basis pendukung kelompok kanan-jauh dan kelahiran gerakan Pegida.

Dewan Kota Dresden menyepakati resolusi yang menyebutkan perlunya langkah untuk menangkal isu tersebut. “Gerakan anti-Nazi berarti sama daruratnya dengan darurat iklim dan kita memiliki masalah serius. Masyarakat demokratik terbuka terancam,” kata anggota dewan lokal Dresden, Max Aschenbach, kepada BBC.

Dia mengungkapkan langkah tersebut perlu dilakukan karena politikus tidak melakukan apa pun melawan kelompok kanan-jauh. Hadirnya resolusi darurat Nazi karena menguatkan perilaku dan aksi ekstremis sayap kanan. Hal itu dilakukan untuk membantu korban kekerasan kelompok kanan-jauh, melindungi minoritas, dan memperkuat demokrasi.

“Kita berkomitmen memperkuat masyarakat yang demokratik, liberal, bebas, dan menentang Nazi,” ujar Aschenbach. Namun, partai berkuasa Kristen Demokrat (CDU) menolak resolusi itu. “Dari sudut pandang kita, itu adalah bentuk provokasi yang diinginkan,” kata Ketua Kelompok Dewan Kota CDU Jan Donhauser. “Status darurat berarti adanya ancaman serius terhadap tatanan publik,” ujarnya.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5820 seconds (0.1#10.140)