Jurnalis Indonesia yang Ditembak dalam Demo Hong Kong Alami Kebutaan

Rabu, 02 Oktober 2019 - 21:27 WIB
Jurnalis Indonesia yang Ditembak dalam Demo Hong Kong Alami Kebutaan
Jurnalis Indonesia yang Ditembak dalam Demo Hong Kong Alami Kebutaan
A A A
HONG KONG - Veby Mega Indah, seorang jurnalis asal Indonesia yang terkena tembakan peluru karet saat meliput demonstrasi Hong Kong dilaporkan mengalami kebutaan. Michael Vidler, pengacara Veby, menyebut dokter yang memeriksa jurnalis surat kabar SUARA mengatakan mata kanan kliennya mengalami kerusakan yang sangat parah, yang akan membuatnya buta permanen.

"Dokter yang merawat Veby memberitahunya bahwa sayangnya cedera yang diterimanya akibat ditembak oleh polisi, akan mengakibatkan kebutaan permanen di mata kanannya," kata Vidler.

“Dia diberi tahu bahwa pupil matanya pecah oleh kekuatan benturan. Persentase pasti dari kerusakan permanen hanya dapat dinilai setelah operasi," sambungnya, seperti dilansir hongkongfp pada Rabu (2/10/2019).

Seperti diketahui, Veby terkena tembakan di dekat mata kanannya oleh proyektil yang tidak mematikan ketika polisi "membersihkan" pengunjuk rasa dari daerah Wan Chai pada hari Minggu sore. Petugas polisi juga dilaporkan menggunakan semprotan merica pada wartawan lokal di Causeway Bay.

Veby mengatakan, dia tertembak di jembatan yang menghubungkan Menara Imigrasi dan stasiun MTR Wan Chai. Sebelum terluka, menurut ceritanya, petugas polisi mundur dari jembatan ketika salah satu dari mereka menembak ke arah sekelompok pengunjuk rasa dan jurnalis.

Asosiasi Jurnalis Hong Kong mendesak pihak berwenang untuk menjelaskan mengapa wartawan, termasuk Veby, menjadi sasaran polisi antihuru-hara. Chris Yeung Kin-hing, ketua asosiasi, mengatakan bahwa kepolisian perlu menjelaskan mengapa peluru ditembakkan ke arah wartawan.

Yeung mengatakan dia tidak bisa mengerti mengapa wartawan berulang kali terluka oleh polisi antihuru-hara. "Polisi perlu menjelaskan mengapa, alih-alih melakukan perbaikan, keadaan malah memburuk," katanya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4849 seconds (0.1#10.140)