Iran Siap Memulai Dialog dengan Arab Saudi

Rabu, 02 Oktober 2019 - 05:02 WIB
Iran Siap Memulai Dialog dengan Arab Saudi
Iran Siap Memulai Dialog dengan Arab Saudi
A A A
BAGHDAD - Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani menyatakan, negaranya menyambut baik preferensi putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) untuk menyelesaikan masalah perundingan. Menurutnya, Teheran terbuka dengan gagasan untuk memulai dialog dengan Arab Saudi.

"Iran terbuka untuk memulai dialog dengan Arab Saudi dan negara-negara lain di kawasan itu," kata Larijani di Teheran, seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (1/10). "Dialog Iran-Saudi dapat menyelesaikan banyak masalah keamanan dan politik di kawasan itu," lanjutnya.

Larijani juga mengatakan, Arab Saudi tidak perlu bergantung atau bergantung pada sekutu utamanya, Amerika Serikat (AS). "Riyadh dapat mengajukan proposal untuk dibahas di meja dialog Iran-Saudi tanpa prasyarat dari pihak kami," kata Larijani.

"Kami juga menyambut baik apa yang telah diungkapkan, bahwa Pangeran Mohammed bin Salman ingin berdialog, karena mungkin baik mengetahui bahwa Arab Saudi memikirkan kepentingan kawasan," tambahnya.

Pernyataan ini dilontarkan Larijani beberapa hari setelah MBS mengatakan kepada saluran CBS, bahwa ia akan lebih memilih resolusi damai dengan Iran dalam menyelesaikan sengketa keamanan regional, dari pada terlibat konflik militer.

MBS menyatakan, harga minyak mentah dapat melonjak ke "angka yang tak terbayangkan tinggi" dalam kasus konflik bersenjata. "Wilayah ini mewakili sekitar 30 persen dari pasokan energi dunia, sekitar 20 persen dari bagian perdagangan global, sekitar empat persen dari PDB dunia (produk domestik bruto)," jelas MBS.

Beberapa pekan terakhir, Iran dan Saudi terlibat ketegangan pasca serangan terhadap kilang minyak milik Saudi. Meski kelompok pemberontak Houthi mengaku sebagai dalang serangan tersebut, namun sejumlah negara, termasuk Saudi menuding Iran berada di balik serangan itu. Tudingan tersebut dengan tegas dibantah oleh Iran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5138 seconds (0.1#10.140)