Iran Tegaskan Keamanan Teluk di Tangan Negara Kawasan

Jum'at, 06 September 2019 - 22:07 WIB
Iran Tegaskan Keamanan...
Iran Tegaskan Keamanan Teluk di Tangan Negara Kawasan
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan, keamanan kawasan Teluk Persia berada di tangan negara di kawasan. Zarif menyerukan kepada seluruh negara di kawasan untuk duduk satu meja dan menyelesaikan semua masalah yang ada.

Berbicara pasca melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi di Jakarta, Zarif menyatakan, Iran telah mengajukan sebuah pakta non-agresi untuk menjamin keamanan di kawasan Teluk.

"Perlunya kerjasama yang iklusif dan pemahaman di wilayah Teluk Persia. Saya tegaskan kemungkinan-kemungkinan yang telah kami letakkan di atas meja untuk berdialog dengan tetangga-tetangga kami di Teluk Persia, termasuk forum dialog regional di mana kami mengusulkan pakta non-agresi dengan negara-negara di GCC serta Irak," ucap Zarif.

"Kita berdelapan adalah negara-negara di sekitaran Teluk Persia, mulai dari selat Hormutz hingga laut Oman yang perlu terlibat bersama untuk kerja sama yang lebih besar," sambungnya pada Jumat (6/9).

Zarif lalu mengatakan, dia telah menekankan kepada negara-negara di kawasan dan juga negara-negara kami di luar kawasan, bahwa keamanan untuk wilayah ini tidak dapat dibeli dari luar dan keamanan tidak dapat dicapai dengan mengorbankan satu sama lain.

"Keamanan hanya dapat dicapai melalui kerja sama dan inklusi dan ini adalah apa yang telah kami letakkan di atas meja dan kami meminta tetangga kami untuk terlibat di dalamnya," tukas diplomat senior Iran tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8907 seconds (0.1#10.140)