Penyelam Cari Sisa Korban Kebakaran Kapal California

Rabu, 04 September 2019 - 11:31 WIB
Penyelam Cari Sisa Korban Kebakaran Kapal California
Penyelam Cari Sisa Korban Kebakaran Kapal California
A A A
SANTA BARBARA - Para penyelam mencari jasad korban lainnya di sekitar puing kapal yang hancur terbakar di lepas pantai California selatan. Otoritas pun memulai investigasi salah satu kecelakaan maritim terburuk di wilayah tersebut. Tim darurat telah menemukan 25 jasad setelah ke bakaran terjadi sebelum fajar pada Senin (2/9) waktu lokal.

Hingga berita ini dirilis, sembilan orang masih hilang. Penjaga pantai menolak mengonfirmasi jumlah korban tersebut. “Kami masih mencari jasadjasad sekarang,” ungkap juru bicara Departemen Pemadam Kebakaran Santa Barbara Amber Anderson, dilansir Reuters. Kebakaran terjadi di kapal untuk menyelam Conception saat kapal berada di Pulau Santa Cruz.

Kebakaran mengakibatkan para penumpang terjebak di bawah dek. Lima orang dari enam kru dapat lolos menggunakan perahu karet tapi tak ada orang lain yang ditemukan. “Kapal itu kemudian karam pada pagi hari dan kini berada di kedalaman 18 meter di bawah permukaan air,” papar pernyataan kepolisian.

Saksi mata mendengar sejumlah ledakan tapi otoritas menyatakan masih terlalu dini menyatakan penyebab kebakaran. Kepala Kepolisian Santa Barbara County Bill Brown menyatakan tangki propan atau tangki selam di Conception mungkin meledak saat kebakaran.

Badan Keamanan Transportasi Nasional federal menyatakan telah mengirim tim teknisi dan pakar kebakaran untuk menyelidiki penyebab kecelakaan itu. Ada total 33 penumpang dan enam anggota kru di atas kapal Conception saat kebakaran terjadi sekitar pukul 3.15 pagi pada Senin (2/9). Anggota kru kapal yang selamat naik ke kapal nelayan yang berada di dekat kapal Conception.

Anggota kru Conception memukul bagian sisi kapal nelayan itu untuk membangunkan Bob Hansen dan istrinya yang tidur di atasnya. “Saat kami melihat keluar, kapal lain sudah sepenuhnya terbakar, dari belakang hingga buritan. Ada beberapa ledakan yang mengguncang. Anda tak dapat menyiapkan diri sendiri untuk itu. Ini mengerikan,” papar Hansen pada New York Times.

Setelah meminjam baju dari Hansen, beberapa anggota kru kembali ke Conception untuk mencari jika ada korban selamat. Investigator menyatakan satu panggilan darurat datang dari kapal itu melaporkan terjadi kebakaran. “Ini terjadi sangat cepat sehingga banyak orang tak dapat menyelamatkan diri,” ungkap penjaga pantai AS Letnan Koman dan Matthew Kroll.

Kapal penyelam itu disewa oleh Worldwide Diving Adventures, perusahaan di Santa Barbara, California. Dalam lamannya, Conception sedang dalam pelayaran tiga hari menuju Channel Islands dan akan kembali ke Santa Barbara pukul 5 sore pada Senin (2/9).
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5425 seconds (0.1#10.140)