AS: Washington-Taliban di Ambang Kesepakatan Bersejarah

Minggu, 01 September 2019 - 10:22 WIB
AS: Washington-Taliban...
AS: Washington-Taliban di Ambang Kesepakatan Bersejarah
A A A
WASHINGTON - Utusan khusus Amerika Serikat (AS) untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad mengatakan, AS dan Taliban saat ini di ambang kesepakatan bersejarah. Kesepakatan ini bisa mengakhiri konflik antara kedua belah pihak, yang sudah berlangsung selama hampir dua dekade.

"Kami berada di ambang perjanjian yang akan mengurangi kekerasan dan membuka pintu bagi rakyat Afghanistan untuk duduk bersama untuk menegosiasikan perdamaian yang terhormat dan berkelanjutan," kata Khalizad, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (1/9).

Khalilzad kemudian menuturkan, dia akan melakukan perjalanan ke Kabul untuk konsultasi setelah berakhirnya hari terakhir dari putaran pembicaraan diantara kedua belah pihak, yang berlangsung di Doha, Qatar.

Tengah pekan lalu, Taliban juga telah mengatakan, pembicaraan damai dengan pihak Amerika Serikat (AS) hampir rampung. Bila tercapai, kesepakatan ini akan memaksa AS menarik pasukannya di Afghanistan, dengan imbalan janji Taliban bahwa negara itu tidak akan menjadi "surga" bagi para militan internasional.

"Kami berharap ada kabar baik segera bagi negara Muslim kami, yang mencari kemerdekaan," kata Suhail Shaheen, juru bicara kantor politik Taliban di Doha.

Namun, sebelumnya sejumlah petinggi Taliban menuturkan bahwa kesepakatan dengan AS, tidak mengubah sikap mereka terhadap pemerintah Afghanistan. Para petinggi Taliban itu mengatakan, perang dengan pemerintah akan terus berlangsung, hingga ada kesepakatan damai tersendiri dengan Kabul.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0732 seconds (0.1#10.140)