AS Desak Jerman Ikuti Patroli Bersama di Selat Hormutz

Kamis, 01 Agustus 2019 - 21:23 WIB
AS Desak Jerman Ikuti Patroli Bersama di Selat Hormutz
AS Desak Jerman Ikuti Patroli Bersama di Selat Hormutz
A A A
BERLIN - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Jerman, Richard Grenell mendesak Berlin untuk ikut terlibat dalam patroli bersama di Selat Hormutz. Grenell menyatakan, Jerman memiliki kewajiban untuk dipenuhi.

"Jerman adalah kekuatan ekonomi terbesar di Eropa. Keberhasilan ini membawa tanggung jawab global," katanya saat melakukan wawancara dengan media Jerman, Augsburger Allgemeine, seperti dilansir Reuters pada Kamis (1/8).

Dalam wawancara itu, Grenell mengatakan utusan bahwa Presiden AS, Donald Trump tidak senang Jerman ingin menghindari konflik dan meminta kesadaran dari Jerman untuk ikut dalam misi tersebut.

"Amerika telah berkorban banyak untuk membantu Jerman tetap menjadi bagian dari Barat," kata Grenell kepada surat kabar itu, seraya menambahkan bahwa Amerika membayar sejumlah besar untuk34.000tentara yang akan ditempatkan di Jerman.

Sementara itu, sebelumnya Wakil Kanselir dan Menteri Keuangan Jerman, Olaf Scholz, mengaku skeptis dengan permintaan AS untuk bergabung dengan misi militer di Selat Hormuz.

Scholz mengatakan penting untuk menghindari eskalasi militer di wilayah itu dan misi semacam itu membawa risiko diseret ke dalam konflik yang bahkan lebih besar. "Itu sebabnya saya pikir ini bukan ide yang baik," ujarnya
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5625 seconds (0.1#10.140)