Rusia Ajukan Proposal Aksi Bersama di Teluk Persia

Selasa, 30 Juli 2019 - 19:44 WIB
Rusia Ajukan Proposal Aksi Bersama di Teluk Persia
Rusia Ajukan Proposal Aksi Bersama di Teluk Persia
A A A
MOSKOW - Rusia dilaporkan telah mengajukan kepada PBB sebuah proposal yang menyerukan aksi bersama untuk memastikan keamanan di Teluk Persia. Proposal ini disampaikan di saat meningkatnya ketegangan di kawasan tersebut.

Surat yang disampaikan Moskow kepada Dewan Keamanan (DK) PBB dan Majelis Umum PBB itu menggarisbawahi perlunya langkah efektif untuk meningkatkan stabilitas di Teluk Persia.

"Dalam kondisi saat ini, tindakan yang energik dan efektif diperlukan di tingkat internasional dan regional untuk kepentingan memperbaiki dan lebih menstabilkan situasi di Teluk Persia, mengatasi tahap krisis yang berkepanjangan dan mengubah sub-wilayah ini menjadi damai, hubungan bertetangga yang baik dan pembangunan berkelanjutan," bunyi proposal Rusia.

Rusia, dalam proposalnya kemudian meminta negara-negara regional dan ekstra-regional untuk terlibat dalam pembicaraan bilateral dan multilateral yang bertujuan membentuk sistem keamanan di Teluk Persia.

“Pekerjaan praktis untuk meluncurkan proses menciptakan sistem keamanan di Teluk Persia dapat dimulai dengan mengadakan konsultasi bilateral dan multilateral antara pihak-pihak yang berkepentingan, termasuk negara-negara baik di kawasan itu maupun di luarnya, Dewan Keamanan PBB, Liga Arab, OKI, GCC," ungkapnya, seperti dilansir PressTV pada Selasa (30/7).

Moskow selanjutnya menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan semua pihak yang berkepentingan untuk mengimplementasikan proposal ini dan proposal konstruktif lainnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6703 seconds (0.1#10.140)