Ingin Gabung Taliban, Pria AS Dicokok di Bandara New York

Sabtu, 27 Juli 2019 - 14:26 WIB
Ingin Gabung Taliban, Pria AS Dicokok di Bandara New York
Ingin Gabung Taliban, Pria AS Dicokok di Bandara New York
A A A
NEW YORK - Seorang pria asal Bronx ditangkap di Bandara Internasional John F. Kennedy, New York. Pria itu mengaku berencana untuk bergabung dengan Taliban di Afghanistan dan membunuh warga Amerika.

Kantor Kejaksaan Amerika Serikat (AS) untuk Distrik Selatan New York dalam sebuah pernyataan mengatakan pria bernama Delowar Mohammed Hossain (33) itu didakwa berusaha memberikan dukungan materi untuk aksi terorisme.

Hossain dilaporkan sedang melakukan perjalanan ke Pakistan untuk bergabung dengan Taliban ketika dia ditangkap Jumat pagi setelah melewati keamanan. Dia muncul di pengadilan pada Jumat waktu setempat dan diperintahkan ditahan tanpa jaminan.

"Hossain diduga ingin membunuh orang Amerika, dan khususnya ingin menargetkan anggota angkatan bersenjata kami yang melayani bangsa kami di luar negeri," kata Jaksa AS untuk Distrik Selatan New York Geoffrey S. Berman dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari NBC News, Sabtu (27/7/2019).

Laporan kriminal menuduhnya sebagai pendukung Taliban, dan dalam percakapan yang direkam dengan informan rahasia, Hossain menyatakan keinginannya untuk bergabung dengan kelompok Taliban dan melawan pasukan AS.

Laporan itu juga mengatakan bahwa Hossain telah mendiskusikan rencananya sejak September lalu.

Dalam sebuah percakapan di bulan April, Hossain diduga mengatakan: "Saya ingin berperang" dan "Saya ingin membunuh beberapa kufar sebelum saya mati," menggunakan istilah yang menurut pihak berwenang mengacu pada non-Muslim.

Kantor Kejaksaan AS, jika terbukti bersalah, Hossain terancam hukuman 15 tahun penjara.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6269 seconds (0.1#10.140)