Sebar Senjata di Luar Angkasa, AS Picu Tahap Baru Perlombaan Senjata

Sabtu, 27 Juli 2019 - 10:29 WIB
Sebar Senjata di Luar Angkasa, AS Picu Tahap Baru Perlombaan Senjata
Sebar Senjata di Luar Angkasa, AS Picu Tahap Baru Perlombaan Senjata
A A A
RIO DE JANEIRO - Implementasi rencana Amerika Serikat (AS) untuk menetapkan sistem pertahanan rudal di ruang angkasa akan mengarah ke tahap lain perlombaan senjata. Hal itu dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dalam sesi Dewan Menteri Luar Negeri BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina, Afrika Selatan).

"Kami prihatin dengan rencana AS untuk menempatkan senjata di ruang angkasa yang sudah dilaksanakan. Ini akan mengarah pada tahap kualitatif lain dari perlombaan senjata," kata Lavrov.

"Seperti yang Anda ketahui, Rusia dan China telah mengajukan rancangan proposal tentang pencegahan penyebaran senjata di ruang angkasa di konferensi pelucutan senjata di Jenewa. Kami menghargai itu bahwa negara-negara BRICS mendukung resolusi tahunan tentang masalah mendesak ini pada sesi Majelis Umum PBB," tambahnya seperti dikutip dari TASS, Sabtu (27/7/2019).

Menteri luar negeri Rusia itu mengatakan bahwa keamanan internasional terancam oleh meningkatnya anggaran militer dari beberapa negara dan kemunduran arsitektur stabilitas strategis yang telah berlangsung beberapa dekade.

"Contoh yang mencemaskan adalah upaya AS untuk menghancurkan perjanjian pertahanan rudal dan START yang baru (Perjanjian Strategis Pengurangan Nuklir). Ketidakpastian juga tetap ada di sekitar perjanjian INF (Perjanjian Nuklir Jarak Menengah). Kami telah menyarankan untuk memperpanjang tetapi belum mendengar tanggapan dari Washington," pungkasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6065 seconds (0.1#10.140)