Indonesia: GNB Harus Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

Selasa, 23 Juli 2019 - 16:42 WIB
Indonesia: GNB Harus Terus Dukung Kemerdekaan Palestina
Indonesia: GNB Harus Terus Dukung Kemerdekaan Palestina
A A A
CARACAS - Indonesia menegaskan, Gerakan Non-Blok (GNB) harus terus mendukung kemerdakaan Palestina. Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Venezuela, Mochammad Luthfie Witto’eng saat pertemuan Senior Officials Meeting (SOM) dan Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-19 di Caracas, Venezuela.

Pertemuan KTM diikuti oleh lebih dari 90 negara anggota GNB dan dihadiri oleh 10 Menteri dan delapan Wakil Menteri dari negara anggota. Pertemuan mengambil tema 'Promotion and Consolidation of Peace through Respect for International Law'.

“GNB perlu untuk patuh dan melaksanakan prinsip serta nilai-nilai universal yang terdapat," kata Mochammad, yang memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan itu, seperti dikutip Sindonews dari siaran pers Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Caracas pada Selasa (23/7).

KTM GNB juga melaksanakan pertemuan Komite Palestina untuk membahas kondisi terkini di Palestina yang diwarnai pertukaran pandangan antara negara anggota Komite. Pertemuan Komite ini dihadiri oleh anggota Komote Palestina, antara lain Indonesia, Iran, Kuba, Malaysia, Senegal, dan Turki.

“GNB perlu memberikan dukungan kuat bagi Palestina yang sedang berjuang melawan pendudukan asing termasuk dengan memastikan kelanjutan kerja UNRWA,” ungkapnya dan menegaskan dukungan terhadap two state solution dalam penyelesaian sengketa wilayah Palestina dan Israel.

Rangkaian pertemuan KTM GNB telah menghasilkan tiga dokumen, yaitu NAM Final Document, Caracas Political Declaration, dan Political Declaration of the Ministerial Committee of NAM on Palestine.

Pertemuan KTM GNB ini sendiri merupakan persiapan dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) GNB yang akan dilaksanakan di Baku, Azerbaijan pada Oktober 2019. Pada KTT yang akan dating, Venezuela akan menyerahkan keketuaan GNB kepada Azerbaijan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6093 seconds (0.1#10.140)