Paska Insiden Memo Bocor, Dubes Inggris Mengundurkan Diri

Rabu, 10 Juli 2019 - 20:21 WIB
Paska Insiden Memo Bocor, Dubes Inggris Mengundurkan Diri
Paska Insiden Memo Bocor, Dubes Inggris Mengundurkan Diri
A A A
WASHINGTON - Duta Besar Inggris untuk Amerika Serikat (AS), Kim Darroch dilaporkan telah mengajukan pengunduran diri setelah insiden memo bocor. Insiden ini menyebabkan hubungan AS dan Inggris sedikit memanas.

Dalam surat pengunduran dirinya, Darroch mengatakan sejak memo itu bocor ke publik situasi menjadi tidak kondusif. Dalam situasi ini, papar Darroch, sangat tidak mungkin bagi dirinya untuk melanjutkan tugasnya sebagai Duta Besar.

"Sejak bocornya dokumen resmi dari Kedutaan Besar ini, ada banyak spekulasi seputar posisi saya dan lamanya masa jabatan saya sebagai duta besar," tulis Darroch dalam surat pengunduran dirinya.

"Saya ingin mengakhiri spekulasi itu. Situasi saat ini membuat saya tidak mungkin menjalankan peran saya seperti yang saya inginkan," sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (10/7).

Sementara itu, Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran dan Kepala Layanan Diplomatik mengatakan mereka telah menerima pengunduran diri Darroch dan mengucapkan terima kasih atas pengadianya.

"Atas nama Layanan Diplomatik, saya menerima pengunduran diri Anda (Darroch) dengan penyesalan pribadi yang mendalam. Selama beberapa hari terakhir yang sulit Anda telah berperilaku seperti Anda selalu berperilaku selama karir yang panjang dan terhormat, dengan martabat, profesionalisme dan kelas," ucap Wakil Sekretaris Tetap di Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran dan Kepala Layanan Diplomatik, Simon McDonald.

"Selama beberapa hari terakhir yang sulit Anda telah berperilaku seperti Anda selalu berperilaku selama karir yang panjang dan terhormat, dengan martabat, profesionalisme dan kelas," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6554 seconds (0.1#10.140)