China Bantah Rumor Kirim Kapal Perang ke Selat Malaka

Rabu, 10 Juli 2019 - 08:36 WIB
China Bantah Rumor Kirim Kapal Perang ke Selat Malaka
China Bantah Rumor Kirim Kapal Perang ke Selat Malaka
A A A
BEIJING - Juru bicara Kementerian Luar Negeri China membantah desas-desus tentang rencana China untuk mengirim kapal perang ke Selat Malaka. Pengerahan kapal perang itu untuk mengawal kapal-kapal asal China.

Menurut pemberitahuan dari Kementerian Transportasi, tingkat keamanan untuk kapal-kapal China yang berlayar melalui Selat Malaka telah ditingkatkan menjadi yang tertinggi, Level Tiga. Rumor mengatakan bahwa Beijing akan mengirim kapal perang ke daerah itu untuk mengawal kapal-kapal asal China, seperti yang diklaim oleh beberapa laporan media.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Chian, Geng Shuang mengatakan, pemberitahuan tersebut dikeluarkan sesuai dengan perjanjian internasional yang relevan dan peraturan domestik China sebagai langkah untuk merespons risiko yang mungkin terjadi, untuk memastikan keamanan navigasi kapal yang relevan.

Meski begitu, Geng menolak rumor pengerahan kapal perang ke Selat Malaka untuk mengawal kapal-kapal asal China. Ia menyebut rumor tersebut sebagai kabar angin yang tidak berdasar seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (10/7/2019).

Selat Malaka adalah salah satu rute transit utama menuju Laut China Selatan (LCS), yang diperebutkan seluruhnya atau sebagian oleh China, Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam. Jalur perairan itu menghasilkan sekitar USD5 triliun melalui perdagangan kapal yang lewat setiap tahun.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7603 seconds (0.1#10.140)