PBB: Boko Haram Rekrut Ribuan Anak-anak

Selasa, 09 Juli 2019 - 04:40 WIB
PBB: Boko Haram Rekrut Ribuan Anak-anak
PBB: Boko Haram Rekrut Ribuan Anak-anak
A A A
NEW YORK - Kantor PBB Urusan Narkoba dan Kejahatan (UNODC) menyatakan, setidaknya 8.000 anak telah direkrut oleh gerakan teroris Boko Haram di seluruh wilayah Danau Chad di Afrika Tengah. Perekrutan dilakukan sejak kelompok itu meluncurkan kampanye kekerasan pada tahun 2009.

Pejabat proyek nasional UNODC, Sylvester Tunde Atere mengatakan, anak-anak tersebut digunakan oleh kelompok yang meneror sejumlah negara Afrika itu, baik dalam peran kombatan dan juga non-kombatan.

"Perekrutan dan eksploitasi memiliki dampak jangka panjang pada kehidupan anak-anak tersebut," kata Atere dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (9/7).

"Hari ini, merehabilitasi dan mengintegrasikan kembali anak-anak ini menimbulkan tantangan yang signifikan, tidak hanya mengingat jumlah mereka, tetapi juga karena efek traumatis yang intens dan abadi," sambungnya.

Selain merekrut anak-anak untuk operasi mereka, UNODC juga mengatakan Boko Haram, yang berafiliasi dengan ISIS, memperkosa atau memaksa gadis remaja menikah dengan anggota mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3885 seconds (0.1#10.140)