Korsel: Pertemuan di DMZ Akhiri Permusuhan AS-Korut

Selasa, 02 Juli 2019 - 19:55 WIB
Korsel: Pertemuan di...
Korsel: Pertemuan di DMZ Akhiri Permusuhan AS-Korut
A A A
SEOUL - Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in mengatakan, Korea Utara (Korut) dan Amerika Serikat (AS) mengakhiri hubungan bermusuhan mereka dan memulai era perdamaian baru melalui pertemuan antara pemimpin kedua negara di Zona Demiliterisasi (DMZ).

Presiden AS, Donald Trump dan pemimpin Korut, Kim Jong-un seperti diketahui pada akhir pekan lalu melakukan pertemuan mendadak di wilayah DMZ. Di kesempatan itu, Trump memutuskan untuk menyeberang ke sisi Korut dan DMZ.

Berbicara saat pertemuan kabinet, Jae-in mengatakan, Korut dan AS sebenarnya menyatakan untuk mengakhiri hubungan bermusuhan dan meluncurkan era perdamaian baru melalui tindakan, meskipun kedua belah pihak tidak mengadakan upacara penandatanganan dokumen tertulis.

"Pertemuan Panmunjom yang dramatis adalah pernyataan aktual tentang berakhirnya hubungan yang bermusuhan melalui tindakan," kata Jae-in, merujuk wilayah dimana pos DMZ berlokasi, seperti dilansir Xinhua pada Selasa (2/7).

Dia menekankan, siklus yang baik dari peningkatan hubungan antar-Korea yang membantu memajukan dialog AS dan Korut. Ia juga menjelaskan kepada Trump tentang efek positif dari Kompleks Industri Kaesong pada hubungan dan keamanan antar-Korea.

Penjelasan itu, papar Jae-in, dibuat saat dia dan Trump sedang dalam perjalalanan menuju DMZ.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5900 seconds (0.1#10.140)