Zona Demiliterisasi Korut Ditutup untuk Turis

Minggu, 30 Juni 2019 - 14:01 WIB
Zona Demiliterisasi Korut Ditutup untuk Turis
Zona Demiliterisasi Korut Ditutup untuk Turis
A A A
SEOUL - Zona Demiliterisasi (DMZ) Korea di sisi Korea Utara (Korut) telah ditutup untuk turis. Itu terjadi di tengah harapan bahwa zona penyangga antara kedua Korea itu akan dikunjungi dan menjadi lokasi pertemuan Pemimpin Korut Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Kantor berita Prancis, AFP, menunjukkan bahwa DMZ sisi Korut ditutup pada hari Minggu (30/6/2019), mengutip perusahaan tur Koryo. Perusahaan ini kerap mengatur perjalanan ke Korut untuk warga Barat seperti disitir dari TASS.

Sebelumnya, Trump mengatakan bahwa dia percaya bahwa perwakilan Korut ingin bertemu dengannya selama perjalanannya ke DMZ. Presiden Korsel Moon Jae-in diperkirakan akan bergabung dengannya.

Trump tiba di Seoul pada Sabtu malam untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in setelah menghadiri KTT G20 di Osaka, Jepang, di mana ia membuat tawaran kejutan, ingin bertemu dengan Kim Jong-un.

Sebelum menyambangi Korsel, Trump menulis di akun Twitternya bahwa ia ingin bertemu Kim Jong-un selama kunjungannya ke DMZ.

"Jika Ketua Korea Utara Kim Jong-un melihat ini, Saya akan menemuinya di perbatasan/DMZ hanya untuk berjabat tangan dan mengatakan Halo (?)!" cuit Trump.

Baca Juga: Lewat Twitter, Trump Ajak Jong-un Bertemu di DMZ

Menanggapi ajakan Trump, Korut mengatakan sedang menunggu undangan resmi dari Amerika Serikat (AS) mengenai tawaran pertemuan di sepanjang Zona Demiliterisasi (DMZ). Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri pertama Korut, Choe Son-hui.

"Kami melihatnya sebagai saran yang sangat menarik, tetapi kami belum menerima proposal resmi dalam hal ini," kata Son-hui.

Baca Juga: Trump Ajak Jong-un Bertemu di DMZ, Korut Tunggu Undangan Resmi
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6468 seconds (0.1#10.140)