Rusia: Pendekatan AS Dalam Konflik Israel-Palestina Kontraproduktif

Kamis, 27 Juni 2019 - 20:40 WIB
Rusia: Pendekatan AS Dalam Konflik Israel-Palestina Kontraproduktif
Rusia: Pendekatan AS Dalam Konflik Israel-Palestina Kontraproduktif
A A A
MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia mengecam pendekatan Amerika Serikat (AS) dalam proses perdamaian Palestina-Israel yang dipresentasikan di sebuah pertemuan di Manama, Bahrain. AS merilis bagian ekonomi dari kesepakatan abad ini dalam pertemuan itu.

Penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner menyampaikan rencana "Peace and Prosperity" sebesar USD 50 miliar dalam pertemuan itu. Dalam rencana itu, AS mengusulkan dana investasi global untuk Palestina dan negara-negara Arab, serta koridor transportasi senilai USD 5 miliar antara Tepi Barat dan Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (27/6), kementerian itu mengatakan bahwa sikap AS tentang masalah ini tampaknya kontraproduktif.

Kementerian itu menyesalkan fakta bahwa masalah peluncuran kembali perundingan langsung Palestina-Israel, serta penciptaan negara Palestina merdeka berdasarkan perjanjian tahun 1967 dikecualikan dari pertemuan Manama.

Sementara itu, sebelumnya Perwakilan Tinggi PBB untuk Aliansi Peradaban, Miguel Angel Moratinos mengatakan, uang saja tidak cukup untuk menyelesaikan masalah Palestina. Moratanis menyebut, masalah utama yang harus diselesaikan adalah masalah politik, baru ekonomi dalam konflik Israel-Palestina.

Berbicara di sebuah simposium di sela-sela Festival Budaya Internasional Asilah di Maroko utara, Moratinos menegaskan bahwa konferensi ekonomi internasional yang digagas AS di Bahrain, tidak terlalu membantu menyelesaikan masalah Palestina.

"Apakah Anda percaya bahwa konferensi ekonomi dapat menyelesaikan masalah Palestina? Ini tidak benar. Kita harus mengatasi masalah politik dasar terlebih dahulu. Keamanan dan perdamaian tidak dapat dicapai dengan uang," ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7755 seconds (0.1#10.140)