Jaksa Venezuela Buka Penyelidikan Dugaan Korupsi Guaido

Kamis, 20 Juni 2019 - 06:23 WIB
Jaksa Venezuela Buka Penyelidikan Dugaan Korupsi Guaido
Jaksa Venezuela Buka Penyelidikan Dugaan Korupsi Guaido
A A A
CARACAS - Kantor kejaksaan Venezuela telah membuka penyelidikan atas dugaan tindakan korupsi oleh pemimpin oposisi Juan Guaido dan perwakilannya. Hal itu dikatakan langsug oleh Jaksa Agung Venezuela Tarek William Saab.

"Setidaknya dua legislator diduga menyelewengkan dana yang diperuntukkan bagi penginapan orang-orang Venezuela di kota perbatasan Kolombia, Cututa, termasuk dugaan desertir militer dari Venezuela," kata Saab, merujuk pada laporan oleh situs berita Venezuela PanAm Post seperti disitir dari Xinhua, Kamis (20/6/2019).

Saab menuduh Rossana Barrera dan Kevin Rojas sebagai "penulis materi" dari tindakan itu, sementara Guaido adalah "penulis intelektual."

Saab mengatakan pihaknya akan menjerat mereka dengan dakwaan pencucian uang, korupsi, dan konspirasi.

"Orang-orang ini juga diduga memalsukan faktur dan menggelembungkan jumlah pembelot untuk membenarkan pemborosan uang," ujarnya.

"Uang itu diberikan oleh Venezuela, jadi tergantung pada yurisdiksi kami untuk menyelidiki, baik sumbernya dan penggunaannya," tambahnya.

Saab mengatakan bahwa Guaido, dengan dukungan Amerika Serikat dan kekuatan asing lainnya, berusaha merebut jabatan presiden dan merupakan pemimpin langsung dari mereka yang terlibat dalam skema korupsi.

"Jaksa menunjukkan bahwa mereka akan meminta pihak berwenang Kolombia untuk memberikan semua bukti yang mereka miliki tentang fakta-fakta ini," ucapnya.

Venezuela telah terjerumus ke dalam kerusuhan politik setelah Guaido menyatakan dirinya sebagai "presiden sementara" pada Januari lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6606 seconds (0.1#10.140)