Iran: AS Manfaatkan Kami untuk Perah Negara-negara Arab

Kamis, 23 Mei 2019 - 18:27 WIB
Iran: AS Manfaatkan Kami untuk Perah Negara-negara Arab
Iran: AS Manfaatkan Kami untuk Perah Negara-negara Arab
A A A
TEHERAN - Komandan Angkatan Darat Iran, Mayor Jenderal Abdolrahim Moussavi mengatakan, Amerika Serikat (AS) mengejar kebijakan Iranophobia yang bertujuan memerah negara-negara Arab di kawasan itu.

"Insiden yang baru-baru ini terjadi di Uni Emirat Arab (UEA) dan Irak setelah AS memasuki kawasan itu tidak direncanakan sebelumnya dan mereka bertujuan untuk Iranophobia dan memerah negara-negara di kawasan itu," kata Moussavi, seperti dilansir PressTV pada Kamis (23/5).

Moussavi merujuk pada dua insiden yang terjadi di kawasan itu dalam kurun waktu sepekan terakhir. Insiden pertama adalah sabotase empat kapal tanker di perairan UEA, di mana AS menduga Iran berada di balik sabotase itu.

Insiden kedua adalah sebuah roket Katyusha, yang ditembakkan ke kawasan Zona Hijau Baghdad yang dekat dengan Kedutaan Besar AS di Baghdad. Serangan ini hanya berselang beberapa hari setelah Washington mengevakuasi para staf diplomatiknya dari Irak dengan alasan ada ancaman dari Iran.

Zona Hijau adalah salah satu tempat institusional dengan keamanan paling tinggi di dunia. Zona itu terletak di pusat ibu kota Irak, tempat gedung parlemen, kantor perdana menteri, kantor kepresidenan, lembaga-lembaga penting lainnya, rumah pejabat tinggi dan kedutaan besar asing.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4774 seconds (0.1#10.140)