Utusan AS Sambangi Korsel, Korut Tembakkan Dua Rudal Jarak Pendek

Kamis, 09 Mei 2019 - 22:47 WIB
Utusan AS Sambangi Korsel, Korut Tembakkan Dua Rudal Jarak Pendek
Utusan AS Sambangi Korsel, Korut Tembakkan Dua Rudal Jarak Pendek
A A A
SEOUL - Militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan Korea Utara (Korut) diduga telah menembakkan dua rudal jarak pendek. Kepada Staf Gabungan Korsel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kedua rudal tersebut ditembakkan dari daerah barat laut Kusong, ke arah timur, sebelum jatuh ke laut.

Peluncuran rudal ini bertepatan dengan kedatangan utusan khusus Amerika Serikat (AS) untuk Korut, Stephen Biegun, di Seoul untuk pembicaraan dengan pihak berwenang Korsel.

Pihak istana Presiden Korsel, Blue House, menyatakan peluncuran rudal tersebut sangat mengkhawatirkan dan kemunduran upaya perdamaian di Semenanjung Korea.

Militer Korsel mengatakan pihaknya bekerja sama dengan AS dan telah meningkatkan pemantauan setelah peluncuran rudal terbaru Korut.

"Kami mengetahui laporan dan pengawasannya," kata Letnan Kolonel Dave Eastburn, juru bicara Pentagon, seperti dikutip dari Deutsche Welle, Kamis (9/5/2019).

Peluncuran rudal terjadi setelah Korut melakukan latihan militer dan menembakkan beberapa proyektil pada hari Sabtu lalu.

"Latihan baru-baru ini yang dilakukan oleh tentara kami tidak lebih dari bagian dari latihan militer reguler, dan itu tidak menargetkan siapa pun atau memicu memburuknya situasi di kawasan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Korut

Dalam kesempatan itu, Korut juga memperingatkan para kritikus yang mengomentari uji coba rudal tersebut. "Tuduhan yang tidak berdasar mungkin akan menghasilkan hasil yang mengarah ke arah yang kita maupun mereka tidak ingin lihat sama sekali," ungkapnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korut mengatakan ada standar ganda, dimana latihan militer yang dilakukan oleh Korsel dan AS hanya mendatangkan sedikit kritik.

Baca Juga: Soal Peluncuran Roket, Korut Mengaku Sebagai Latihan Reguler
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8240 seconds (0.1#10.140)