Kim Jong-un Tembakkan Rudal, Begini Respons Donald Trump

Minggu, 05 Mei 2019 - 05:26 WIB
Kim Jong-un Tembakkan Rudal, Begini Respons Donald Trump
Kim Jong-un Tembakkan Rudal, Begini Respons Donald Trump
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan respons-nya di Twitter tak lama setelah Korea Utara (Korut) menguji tembak rudal jarak pendek. Trump percaya pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tidak akan mengingkari janji yang telah disampaikan kepadanya.

Dia percaya Kim menyadari potensi ekonomi negaranya yang besar, sehingga tak mungkin pemimpin muda itu akan merusaknya.

"Apa pun di dunia yang sangat menarik adalah mungkin, tetapi saya percaya bahwa Kim Jong-un sepenuhnya menyadari potensi ekonomi Korea Utara yang hebat, dan tidak akan melakukan apa pun untuk mengganggu atau mengakhirinya," bunyi tweet Trump yang dikutip dari akun Twitter-nya, @realDonaldTrump, Minggu (5/5/2019).

"Dia juga tahu bahwa saya bersamanya dan tidak ingin mengingkari janjinya kepada saya. Kesepakatan akan terjadi!," lanjut pemimpin Amerika tersebut.

Beberapa proyektil dari rudal jarak pendek Korut yang diuji tembak hari Sabtu kemarin jatuh di lepas pantai timur negara tersebut.

Uji tembak misil yang tak terduga itu membuat Korea Selatan mengerluarkan seruan untuk meredam ketegangan."Hentikan tindakan yang meningkatkan ketegangan militer di Semenanjung Korea," bunyi pernyataan pemerintah Seoul.

Trump dan Kim sudah dua kali melakukan pertemuan, dengan yang terbaru berlangsung di Hanoi, Vietnam, pada Februari 2019. Namun, pertemuan kedua gagal menghasilkan kesepakatan apa pun untuk mengakhiri program nuklir Pyongyang dengan imbalan keringanan sanksi.

Korea Utara meminta keringanan sanksi sebagai imbalan untuk denuklirisasi parsial. Namun, AS menolak keras permintaan itu dan bersikeras sanksi tidak akan dicabut sampai denuklirisasi lengkap dan terkonfirmasi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6419 seconds (0.1#10.140)