Jenderal AS: Jet Siluman J-20 China Siap Tempur Tahun Ini

Jum'at, 03 Mei 2019 - 04:01 WIB
Jenderal AS: Jet Siluman J-20 China Siap Tempur Tahun Ini
Jenderal AS: Jet Siluman J-20 China Siap Tempur Tahun Ini
A A A
NEW YORK - China bisa mendeklarasikan operasi tempur pesawat jet siluman pertamanya, J-20, tahun ini. Penilaian ini disampaikan Komandan Pasukan Angkatan Udara Pasifik Amerika Serikat (AS), Jenderal Charles Brown.

Beijing juga sedang mengembangkan pesawat pembom jarak jauh yang mampu membawa senjata nuklir. Brown mengatakan Washington memantau pengembangan jet tempur J-20 dan pesawat pembom China dengan cermat.

Brown meyakini jet tempur siluman China itu akan beroperasi tahun ini tanpa diketahui publik internasional. Perkembangan ini dianggap Brown sebagai ancaman besar di Pasifik.

AS telah berupaya untuk melawan perkembangan pesat yang dilakukan Beijing, termasuk dengan meningkatnya penyebaran jet tempur F-35 di wilayah strategis seperti Laut China Selatan.

“Perasaan saya tentang cara orang China beroperasi agak meningkat. Mereka akan terus mendorong amplop untuk mencari tahu apakah ada yang mengatakan atau melakukan apa pun, jika Anda tidak menekan lagi, itu akan terus muncul," ujar Brown kepada Bloomberg, yang dikutip Jumat (3/5/2019).

"Menempatkan J-20 akan menambah apa yang sudah menjadi kekuatan udara terbesar di kawasan itu dan terbesar ketiga di dunia, dengan lebih dari 2.500 pesawat termasuk 1.700 jet tempur, pesawat pembom strategis, pesawat pembom taktis serta multimisi taktis dan pesawat penyerang," kata Badan Intelijen Pertahanan (DPA) AS dalam sebuah laporan awal tahun ini.

"Pesawat tempur J-20 China adalah bagian dari upaya modernisasi yang telah menutup celah (Beijing) dengan kekuatan udara Barat di seluruh spektrum kemampuan yang luas, seperti kinerja pesawat, komando dan kontrol dan perang elektronik," lanjut laporan tersebut.

Brown berpikir China sedang bergerak untuk mengembangkan penggunaan pesawat pembom ganda yang akan mirip dengan pembom AS dalam hal bisa membawa senjata nuklir dan senjata non-nuklir berpemandu presisi non-nuklir.

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan, dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu untuk Subkomite Pengalokasian Parlemen AS tentang Pertahanan, menyoroti pengembangan pesawat pembom jarak jauh China. "Jika berhasil, akan menjadikannya hanya satu dari tiga negara yang memiliki triad nuklir," ujarnya.

Brown berada di pantai timur AS minggu ini untuk berbicara dengan para ahli Asia tentang tantangan yang dihadapi komandonya.

Masalah utama bagi Brown bagaimana pihaknya mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang bagaimana China beroperasi, tak hanya kemampuan peralatannya, tetapi juga bagaimana peralatan tersebut beroperasi, serta bagaimana mereka memerintah dan mengendalikan. "Saya ingin mengerti apa yang membuat tekanan darah mereka naik untuk menghindari kesalahan perhitungan," ujarnya.

"Kecenderungan mereka untuk terbang di atas laut telah meningkat selama bertahun-tahun," kata Brown.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7970 seconds (0.1#10.140)