Iran Kecam Rencana AS Masukan Ikhwanul Muslimin Dalam Daftar Teroris

Rabu, 01 Mei 2019 - 20:58 WIB
Iran Kecam Rencana AS Masukan Ikhwanul Muslimin Dalam Daftar Teroris
Iran Kecam Rencana AS Masukan Ikhwanul Muslimin Dalam Daftar Teroris
A A A
TEHERAN - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan Teheran mengecam rencana Amerika Serikat (AS) untuk memasukan kelompok Ikhwanul Muslimin dalam daftar hitam teroris.

"AS tidak dalam posisi untuk mulai menyebut orang lain sebagai organisasi teror dan kami menolak dengan upaya apa pun oleh AS dalam hal ini. AS mendukung teroris terbesar di kawasan itu, yaitu Israel," ucap Zarif, seperti dilansir Reuters pada Rabu (1/5).

Jika terealisasi, langkah ini akan membawa sanksi terhadap para pemimpin kelompok itu, menjadikannya suatu kejahatan bagi orang AS mana pun untuk membantu mereka, dan melarang anggotanya memasuki AS.

Sebelumnya diwartakan, Sekretaris Pers Gedung Putih, Sarah Sanders menyebut pembahasan mengenai hal ini sedang berlangsung.
"Presiden telah berkonsultasi dengan tim keamanan nasional dan para pemimpinnya di kawasan yang berbagi keprihatinannya dan penunjukan ini sedang berjalan melalui proses internal," kata Sanders.

Rencana ini sendiri datang setelah adanya permintaan dari Presiden Mesir, Abdel Fattah El-Sisi agar AS mengikuti langkah mereka memasukan Ikhwanul Muslimin dalam daftar teroris. Permintaan ini disampaikan saat Sisi bertemu Trump di Washington beberapa waktu lalu.

Langkah ini dilaporkan didukung oleh Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton dan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. Pompeo khususnya telah lama menganjurkan Trump untuk menunjuk Ikhwanul Muslimin sebagai kelompok teroris.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5582 seconds (0.1#10.140)