Ini Jaguar Pertama di Dunia yang Lahir Via Inseminasi Buatan

Kamis, 04 April 2019 - 23:18 WIB
Ini Jaguar Pertama di Dunia yang Lahir Via Inseminasi Buatan
Ini Jaguar Pertama di Dunia yang Lahir Via Inseminasi Buatan
A A A
SAO PAULO - Seekor anak jaguar di Brazil menjadi jaguar pertama di dunia yang lahir melalui inseminasi buatan. Namun, dua hari kemudian anak satwa itu dimakan oleh induknya.

Meski demikian, para ilmuwan yang terlibat inseminasi buatan tersebut tetap merayakan keberhasilan mereka.

Ditangani oleh dokter hewan di organisasi lingkungan Mata Ciliar di Sao Paulo, Brasil, kelahiran tersebut anak jaguar itu dipuji sebagai terobosan ilmiah yang mampu membantu melestarikan populasi kucing besar yang terancam punah.

Para ahli belum menganggap kematian anak satwa itu sebagai kemunduran."Tidak jarang hal ini terjadi, baik di penangkaran maupun di alam, terutama dalam kasus karnivora," kata para ilmuwan Mata Ciliar.

Anak jaguar itu lahir pada 16 Februari 2019, 104 hari setelah induknya berhasil diinseminasi. Induk itu adalah jaguar berusia lima tahun bernama Bianca.

Para ilmuwan merilis rincian proyek bersejarah pada hari Senin setelah menyelesaikan penelitian mereka. Menurut dokter hewan setempat, jaguar betina kecil itu lahir dalam kondisi sehat dan kuat. Induknya juga menunjukkan perawatan induk yang sangat baik untuk bayi yang baru lahir pada hari pertama.

"Sayangnya setelah dua hari si anak mati," kata juru bicara Mata Ciliar, Samuel Nunes, seperti dikutip Daily Mirror, Rabu (3/4/2019). "Kami tidak tahu mengapa dan tidak bisa mengatakan apakah itu dibunuh oleh induk karena tidak terlihat di monitor pada hari kedua," ujarnya.

“Bianca adalah induk pertama kali dan ini mungkin telah memengaruhi hasil. Tim dokter hewan tidak dapat melakukan necropsy karena bayinya telah dimakan," imbuh dia.

Kelahiran bersejarah dan proses menuju konsepsinya telah direkam dalam video. Rekaman video menunjukkan dokter hewan membius seekor jaguar jantan dewasa yang sehat.Dokter kemudian mengekstraksi sperma segar dari jaguar jantan tersebut, menganalisis spermanya di laboratorium, memasukkan sel-sel reproduksi yang dipilih ke dalam rahim jaguar betina dan melakukan pemindaian ultrasound.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5124 seconds (0.1#10.140)