Bagi Indonesia, Solusi Dua Negara Palestina-Israel Tak Bisa Ditawar

Kamis, 14 Maret 2019 - 14:01 WIB
Bagi Indonesia, Solusi Dua Negara Palestina-Israel Tak Bisa Ditawar
Bagi Indonesia, Solusi Dua Negara Palestina-Israel Tak Bisa Ditawar
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi menegaskan bahwa solusi dua negara untuk penyelesaian konflik Palestina dan Israel tidak bisa ditawar. Hal itu dia sampaikan saat melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Oman Yusuf bin Alawi bin Abdullah, Kamis (14/3/2019).

Berbicara saat menyampaikan pernyataan bersama di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jakarta, Retno mengatakan bahwa dia dan Menlu Yusuf membahas banyak isu mengenai Timur Tengah, terutama Palestina.

"Sekali lagi saya sampaikan bahwa isu Palestina masih dan akan terus menjadi perhatian utama bagi Indonesia, menjadi prioritas kebijakan politik luar negeri Indonesia," kata Retno.

"Bagi Indonesia, solusi dua negara tidak dapat ditawar dan tidak ada 'plan B' bagi solusi dua negara. Indonesia akan selalu bersama Palestina di dalam memperjuangkan hak-haknya," lanjut Menlu Retno.

Menlu perempuan pertama Indonesia ini berharap di masa mendatang Indonesia dan Oman dapat terus meningkatkan perannya untuk dunia yang lebih damai dan lebih baik.

Selain membahas Palestina, kedua Menlu juga membahas mengenai kerja sama bilateral kedua negara. Sejumlah hal yang dibahas antara lain kebijakan bebas visa untuk pemegang paspor dinas dan diplomatik, kerja sama transportasi udara, investasi dan perdagangan.

Dalam hal investasi, hal yang digarisbawahi adalah mengenai kerja sama Pertamina dan perusahaan minyak dan gas Oman, di mana keduanya bekerjasama dalam membangun kilang minyak baru di Bontang, Kalimantan Timur. Kilang minyak yang ditargetkan rampung tahun 2025 itu diproyeksikan menghasilkan 300.000 barel minyak per hari.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6797 seconds (0.1#10.140)