AS Perpanjang Keadaan Darurat atas Ancaman Venezuela

Kamis, 07 Maret 2019 - 02:49 WIB
AS Perpanjang Keadaan Darurat atas Ancaman Venezuela
AS Perpanjang Keadaan Darurat atas Ancaman Venezuela
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dilaporkan telah memperpanjang keadaan darurat nasional di negaranya. Kebijakan ini diambil karena adanya ancaman luar biasa terhadap keamanan nasional yang datang dari Venezuela.

"Keadaan yang dijelaskan dalam Perintah Eksekutif13692, dan Perintah Eksekutif berikutnya yang dikeluarkan sehubungan dengan Venezuela, belum membaik dan mereka terus menimbulkan ancaman yang tidak biasa dan luar biasa terhadap keamanan nasional dan kebijakan luar negeri AS," kata Trump.

Trump, seperti dilansir Anadolu Agency pada Kamis (7/3), menuturkan bahwa keadaan darurat nasional, pertama kali dinyatakan pada tahun 2015, akan diperpanjang selama satu tahun sesuai dengan Undang-Undang Darurat Nasional.

Perintah Eksekutif 2015 memberlakukan sanksi terhadap tujuh pejabat pemerintah Venezuela atas pelanggaran HAM dan korup. Trump telah memperpanjang rentang tindakan Perintah Eksekutif sebanyak lima kali untuk mencegah pejabat Venezuela menghindari sanksi yang dijatuhkan oleh Washington.

Sementara itu, sebelumnya Presiden Venezuela, Nicolas Maduro meminta para pendukungnya untuk menghadiri demonstrasi "anti-imperialis" pada 9 Maret, hari yang sama ketika pawai anti-pemerintah akan diadakan oleh oposisi.

Berbicara pada sebuah upacara untuk memperingati ulang tahun keenam kematian pendahulunya, Hugo Chavez, Maduro mengatakan ia akan mengalahkan "minoritas gila" yang berencana untuk mengacaukan negara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7882 seconds (0.1#10.140)
pixels