Presiden Ukraina Puji Cara Trump Tangani Putin

Minggu, 24 Februari 2019 - 01:12 WIB
Presiden Ukraina Puji Cara Trump Tangani Putin
Presiden Ukraina Puji Cara Trump Tangani Putin
A A A
WASHINGTON - Presiden Ukraina Petro Poroshenko memuji kepemimpinan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan cara dia menangani Presiden Rusia Vladimir Putin. Sejak krisis Ukraina pecah, Poroshenko menyalahkan pemimpin Kremlin.

"Saya pikir pemerintahan ini melakukan pekerjaan yang sangat baik dan hebat. Ini bukan asumsi," kata Poroshenko di program American Newsroom Fox News, Sabtu (23/2/2019).

"Saya punya perasaan bahwa pemerintah AS ini jelas memahami bahaya yang mungkin dari Putin," ujar Poroshenko.

Poroshenko berbicara menentang sikap Putin yang dia anggap memusuhi Ukraina. Dia mengklaim satu-satunya tujuan Putin adalah membangun kembali kejayaan "Kekaisaran Rusia".

"Dia ingin memperbarui, mengembalikan kekaisaran Rusia, Uni Soviet dan dia tidak memiliki garis merah untuk mencapai hasil ini," kata Poroshenko kepada tuan rumah program televisi tersebut, Bill Hemmer.

Hari Rabu menandai lima tahun pemberontakan rakyat yang mengakibatkan hampir 100 pemrotes tewas dan banyak lainnya terluka. Para pengunjuk rasa mendukung perjanjian perdagangan dengan Uni Eropa yang ditolak oleh presiden pro-Moskow Viktor Yanukovych.

Ditanya apakah mungkin bagi Presiden Trump untuk memiliki hubungan kerja dengan Putin, Poroshenko menjawab; "Saya pikir mungkin untuk berbicara dengan Putin hanya dengan posisi kekuatan."

Menurutnya, sanksi dan koalisi global yang kuat diperlukan untuk menghadapi Putin. "Dengan situasi ini saya yakin bahwa hanya AS yang kuat, kepemimpinan global Amerika Serikat dan kepemimpinan Presiden Trump yang dapat menjaga dunia aman," puji Poroshenko.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6896 seconds (0.1#10.140)