AS Beri Rusia Waktu 6 Bulan Selamatkan Perjanjian INF

Jum'at, 01 Februari 2019 - 23:32 WIB
AS Beri Rusia Waktu 6 Bulan Selamatkan Perjanjian INF
AS Beri Rusia Waktu 6 Bulan Selamatkan Perjanjian INF
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan pihaknya akan memberikan waktu enam bulan bagi Rusia untuk berubah, demi menyelamatkan Perjanjian Intermediate-Range Nuclear Forces (INF).

Pompeo mengatakan AS akan secara resmi menangguhkan Perjanjian INF pada akhir pekan ini. Dia lalu mengatakan AS akan secara resmi menarik diri dari INF dalam kurun waktu enam bulan kedepan jika Moskow tidak mengakhiri pelanggaran terhadap perjanjian tersebut.

Dia menuturkan, AS akan mempertimbangkan kembali penarikannya jika Rusia, yang menyangkal melanggar pakta kontrol senjata, mematuhi perjanjian itu, yang melarang kedua belah pihak untuk menempatkan rudal-rudal berbasis darat jarak pendek dan menengah di Eropa.

"Rusia telah menolak untuk mengambil langkah apa pun untuk mengembalikan kepatuhan yang nyata dan dapat diverifikasi atas perjanjian tersebut," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Jumat (1/2).

"Kami akan memberi Rusia dan negara-negara perjanjian lainnya pemberitahuan resmi bahwa AS menarik diri dari perjanjian INF, efektif dalam enam bulan," sambungnya.

AS menuduh rudal jelajah baru Rusia, Novator 9M729 melanggar pakta tersebut. Rusia kemudian membantah Novator 9M729 melanggar perjanjian dan menuduh AS menciptakan dalih palsu untuk keluar dari perjanjian, sehingga dapat mengembangkan rudal baru.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6011 seconds (0.1#10.140)