Menlu Tekankan Pentingnya Menjaga Perdamaian

Rabu, 19 Desember 2018 - 16:36 WIB
Menlu Tekankan Pentingnya Menjaga Perdamaian
Menlu Tekankan Pentingnya Menjaga Perdamaian
A A A
BANDUNG - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menyatakan, seluruh lapisan masyarakat harus terus mengupayakan perdamaian yang ada di Indonesia. Dia menyebut, jika konflik terjadi, maka ini bisa menghancurkan bangsa, baik secara materi atau mental.

Retno, yang berbicara saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Padjajaran Bandung mengatakan, seluruh negara di dunia memiliki potensi untuk berkonflik. Konflik, ungkap Retno, bisa sangat mudah tercipta, namun menyelesaikannya membutuhkan waktu yang sangat lama.
Dirinya mencotohkan apa yang terjadi Afghanistan, di mana di negara itu sudah berkonflik selama kurang lebih empat dekade terakhir.

"Apabila konflik atau perang terjadi, tidak saja merusak lingkungan, tapi juga merusak moral itu sendiri. Di tengah konflik adalah muncul rasa untuk bertahan hidup, ini menghilangkan nilai, karena bagi mereka adalah bagaimana menyelamatkan diri. Jika ini terus berlangsung, maka nilai-nilai kemanusiaan akan tergerus," ucap Retno pada Rabu (19/12).

Dia mengatakan, dalam situasi konflik atau perang, tidak ada pemenang sejatinya atau pecundang sejati. Karena, lanjut Retno, mau menang atau kalah, hasilnya sama saja yaitu kehancuran.

Dalam pemaparannya, dia kemudian meminta kepada seluruh lapisan masyarkat untuk terus mengupayakan perdamaian, dengan menjaga situasi tetap kondusif. Retno menegaskan, perdamaian bukanlah sesuatu yang tiba-tiba jatuh dari langit.

"Kadang kita berpikir situasi perdamaian datang dari langit, tidak. Perdamaian harus diupayakan. Perdamaian, persaudaaan harus diupayakan, dia tidak jatuh dari langit. Jika kita berbicara megenai perbedaan, ini adalah anugrah, setiap individu adalah perbedaan, terlebih perbedaan antar negara. Perbedaan adalah kodrat manusia, yang tidak menghargai perbedaan, berarti dia menyalahi kodrat manusia," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3600 seconds (0.1#10.140)