Tunjuk Menantu sebagai Kepala Badan Geologi, Rouhani Dikecam

Minggu, 16 Desember 2018 - 23:32 WIB
Tunjuk Menantu sebagai Kepala Badan Geologi, Rouhani Dikecam
Tunjuk Menantu sebagai Kepala Badan Geologi, Rouhani Dikecam
A A A
TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani mendapat kecaman cukup luas atas keputusannya menunjuk Kambiz Mehdizadeh, yang tidak lain adalah menantunya, sebagai kepala Badan Geologi Iran. Rouhani dituding telah melakukan tindakan nepotisme.

Kritikan dan kecaman tidak hanya datang dari masyarkan Iran, tetapi juga dari dalam pemerintah Iran sendiri. Seorang pejabat senior Iran mengundurkan diri pasca penunjukkan Mehdizadeh.

Jafar Sargheyni,kepala bagian pertambangan di Kementerian Industri memutuskan mundur setelah penunjukan Mehdizadeh. "Penunjukan yang tidak profesional," kata Sargheyni tanpa menyebutkan nama, seperti dilansir Arab News pada Minggu (16/12).

Di media sosial, masyarakat Iran memperbarui kritik atas tindakan nepotisme yang telah menyebar sejak tahun lalu dengan tagar "#good-gen" - referensi kepada putra seorang politisi reformis terkemuka yang menghubungkan keberhasilan bisnisnya dengan mewarisi "gen baik" dari orang tuanya.

"Saya tidak tahu bahkan menantu laki-laki bisa mewarisi #good_genes!," tulis seorang pengguna Twitter sehubungan dengan penunjukan Mehdizadeh.

Mehdizadeh sendiri adalah mahasiswa PhD di bidang teknik perminyakan. Dia tidak hanya menjabat sebagai kepala Badan Geologi Iran, tapi juga menjabat sebagai penasehat untuk Kementerian Perminyakan Iran, federasi taekwando dan organisasi pemuda nasional di negara itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4941 seconds (0.1#10.140)