Mantan Presiden AS George H.W. Bush Meninggal di Usia 94 Tahun

Sabtu, 01 Desember 2018 - 13:26 WIB
Mantan Presiden AS George H.W. Bush Meninggal di Usia 94 Tahun
Mantan Presiden AS George H.W. Bush Meninggal di Usia 94 Tahun
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), George H.W. Bush, meninggal dunia pada hari Jumat waktu setempat. Presiden ke-41 AS itu meninggal pada usia 94 tahun.

Kabar meninggalnya ayah dari mantan Presiden George W. Bush itu disampaikan oleh juru bicara pihak keluarga Jim McGrath melalui sebuah pernyataan. Dalam pernyataannya, McGrath mengatakan, Bush meninggal pada pukul 10 malam waktu setempat seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (1/12/2018).

Namun McGrath tidak memberikan penjelasan mengenai penyebab meninggalnya presiden yang memimpin AS pada era berakhirnya Perang Dingin dan mengusir tentara Irak-nya Saddam Hussein dari Kuwait.

Selain George W. Bush, yang dua kali menjabat sebagai Presiden AS dari tahun 2001 hingga 2008, anaknya yang lain adalah mantan Gubernur Florida Jeb Bush, yang gagal menjadi nominasi Partai Republik untuk calon presiden 2016.

Bush senior, yang merupakan seorang Republikan sama seperti putranya, juga menjabat sebagai wakil presiden selama delapan tahun selama dua masa pemerintahan Ronald Reagan sebagai presiden, sebelum terpilih ke Gedung Putih.

Dia mengalahkan mantan Gubernur Massachusetts Michael Dukakis, calon dari Partai Demokrat, dalam kampanye presiden 1988. Namun ia gagal mempertahankan kursi presiden setelah kalah dari Bill Clinton pada pemilu 1992.

Bush meninggal tujuh bulan setelah istrinya, mantan ibu negara, Barbara Bush, yang dinikahinya selama 73 tahun.

Saat itu Bush, yang pernah bertugas sebagai penerbang angkatan laut AS selama Perang Dunia II, menghadiri pemakaman istrinya di Houston dengan kursi roda dan mengenakan sepasang kaus kaki warna-warni dihias dengan buku-buku, untuk menghormati komitmen mendiang istrinya dalam membaca.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4786 seconds (0.1#10.140)