Iran Dilaporkan Sita dan Tangkap Kru Kapal Nelayan Saudi

Sabtu, 24 November 2018 - 03:29 WIB
Iran Dilaporkan Sita dan Tangkap Kru Kapal Nelayan Saudi
Iran Dilaporkan Sita dan Tangkap Kru Kapal Nelayan Saudi
A A A
RIYADH - Garda Revolusi Iran dilaporkan telah menangkap kapal nelayan Arab Saudi dan menangkap awaknya. Demikian laporan kantor berita Mizan.

Seorang pejabat lokal di kota pelabuhan Iran, Bushehr, mengatakan kepada Mizan bahwa alasan penahanan ini sedang diselidiki. Jumlah dan kewarganegaraan awak kapal yang ditahan saat ini masih belum diketahui seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (24/11/2018).

Pihak berwenang Saudi dan Iran belum mengomentari laporan media.

Tahun lalu, Garda Revolusi Iran juga menangkap beberapa kapal nelayan Saudi yang tersesat ke perairan teritorial Iran di Teluk.

Republik Islam Iran dan Kerajaan Arab Saudi telah lama bersaing untuk mendominasi wilayah Timur Tengah. Kedua negara mendukung pihak yang berseberangan dalam konflik di Suriah dan Yaman.

Kerajaan Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Republik Islam Iran pada Januari 2016 setelah serangan terhadap misi diplomatik Saudi di Tehran dan Mashhad. Penyerangan itu didorong oleh eksekusi ulama Syiah Sheikh Nimr al-Nimr, bersama dengan 42 orang lainnya yang dihukum karena terorisme oleh Riyadh.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5535 seconds (0.1#10.140)