Kunjungi Daerah yang Hancur Akibat Kebakaran, Trump: Benar-benar Buruk

Minggu, 18 November 2018 - 07:58 WIB
Kunjungi Daerah yang Hancur Akibat Kebakaran, Trump: Benar-benar Buruk
Kunjungi Daerah yang Hancur Akibat Kebakaran, Trump: Benar-benar Buruk
A A A
CALIFORNIA - Presiden Amerika Serika (AS) Donald Trump mengunjungi wilayah Paradise, California, yang luluh lantak akibat kebakaran hutan. Mengenakan topi kamuflase bertuliskan "USA", Trump menatap dengan penuh perhatian puing-puing bangunan dan kendaraan yang hancur akibat kebakaran.

Dalam kesempatan itu, Trump mengatakan ia datang ke jantung kebakaran hutan di California untuk sepenuhnya memahami skala kehancuran yang ditimbulkan.

"Kami harus bekerja cepat. Mudah-mudahan ini akan menjadi yang terakhir karena ini benar-benar buruk," kata Trump, berdiri di tengah fondasi rumah yang hancur dan besi mobil yang meleleh.

"Saya pikir semua orang melihat cahaya dan saya tidak berpikir kita akan mengalami hal ini lagi sejauh ini," kata Trump di Paradise, kota yang sebagian besar dihancurkan oleh api yang ia sebut "monster" seperti dikutip dari New Zealand Herald, Minggu (18/11/2018).

Trump pun berjanji bahwa perbaikan praktik pengelolaan hutan akan mengurangi risiko di masa depan.

Ketika ditanya apakah melihat kehancuran bersejarah, yang membentang sejauh beberapa kilometer dan meninggalkan lingkungan yang hancur dan ladang hangus, mengubah pendapatnya tentang perubahan iklim, Trump dengan tegas menjawab: "Tidak".

Setidaknya 71 orang tewas di California Utara, dan pihak berwenang berusaha menemukan lebih dari 1.000 orang, meskipun tidak semua orang percaya telah hilang.

Lebih dari 5.500 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kobaran api yang meliputi 590 km persegi dan sekitar 50 persen diatasi, kata para pejabat.

Bagi Trump, kunjungan ini adalah hari untuk menghibur negara yang tengah berduka akibat tragedi kembar yaitu kebakaran hutan di California Utara dan Selatan serta penembakan massal di sebuah bar kampus populer di utara Los Angeles.

Ia melihat dari dekat beberapa bus dan mobil yang terbakar. Pohon-pohon terbakar, ranting-rantingnya telanjang dan bengkok. Rumah benar-benar hancur; beberapa fondasi masih tetap ada, begitu pula cerobong asap dan, di depan sebuah rumah, hiasan rumput Mickey Mouse.

"Ini akan berjalan dengan baik, tetapi sekarang kami ingin merawat orang-orang yang terluka parah," kata Trump saat mengunjungi apa yang tersisa dari Skyway Villa Mobile Home dan RV Park.

Dia mencatat ada beberapa area yang bahkan belum bisa didatangi dan jumlah orang yang tak terhitung banyaknya.

"Saya pikir orang harus melihat ini benar-benar untuk memahaminya," ujar Trump.

Trump kemudian melakukan kunjungan ke pusat-pusat operasi, bertemu dengan komandan tanggap darurat dan memuji pekerjaan petugas pemadam kebakaran, penegak hukum dan perwakilan dari Badan Manajemen Darurat Federal.

Trump menggunakan helikopter dalam perjalanan ke Chico sebelum dia menyambangi Paradise.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3359 seconds (0.1#10.140)