Kapal Fregat Inggris Menguntit Kelompok Kapal Perang Rusia

Sabtu, 17 November 2018 - 01:18 WIB
Kapal Fregat Inggris Menguntit Kelompok Kapal Perang Rusia
Kapal Fregat Inggris Menguntit Kelompok Kapal Perang Rusia
A A A
LONDON - Sebuah kapal fregat Angkatan Laut Kerajaan Inggris menguntit dan memantau kelompok kapal perang Rusia yang melakukan pelayaran melalui Selat Inggris pada hari Jumat. Militer London mengklaim aksi kapal fregat tersebut sebagai upaya untuk melindungi perairan Inggris.

Kapal fregat HMS St Albans yang berbasis di Portsmouth bergegas memantau kapal perang Rusia kelas Slava, Marshall Ustinov.

"Unit Rusia, ditemani oleh kapal tambahan, baru-baru ini meninggalkan Mediterania dan dilacak oleh kapal perang angkatan laut Prancis melalui Teluk Biscay," kata pihak Angkatan Laut Inggris.

"St Albans siap untuk memantau (kelompok kapal perang) Rusia saat mereka memasuki Selat (Inggris), mengambil alih pengawasan dari kapal perang Prancis," lanjut Angkatan Laut Inggris, yang dikutip Sky News, Sabtu (17/11/2018).

Komandan kapal HMS St Albans, John Cromie, mengonfirmasi interaksi tersebut. "Dalam hal ini interaksi antara St Albans dan Marshal Ustinov telah membuktikan sikap ramah dan profesional, yang mencerminkan saling pengertian yang ada di antara pelaut profesional," katanya.

"Namun, kru saya dilatih untuk standar tertinggi dan siap untuk menanggapi segala kemungkinan," ujarnya.

Militer Inggris menyatakan pemantauan dilakukan tanpa henti sampai akhirnya kelompok kapal perang Rusia meninggalkan perairan teritorial Inggris.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5036 seconds (0.1#10.140)